Liga Champions

Sporting Lisbon 0-1 Barcelona: Berkat Gol Bunuh Diri

Kamis, 28 September 2017 03:51 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Rizky Pratama Putra
© getty images
Luis Suarez dan Sergio Busquets. Copyright: © getty images
Luis Suarez dan Sergio Busquets.

Barcelona melakoni laga tandang pada laga kedua babak penyisihan Grup D Liga Champions 2017/18 di Estadio Jose Alvalade. Setelah ditahan imbang 0-0 di babak pertama, Lionel Messi dkk menambah tiga angka lagi usai menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Sebastian Coates.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick off, Barcelona terus memberikan permainan menekan. Namun hal itu masih bisa diatasi oleh pemain belakang Sporting Lisbon.

Memasuki menit kelima, Lionel Messi mendapatkan peluang untuk melakukan serangan. Sayangnya, kesempatan itu gagal karena sudah masuk dalam posisi offside.

Bermain di kandang sendiri membuat anak asuh Jorge Jesus tidak takut dengan perlawanan Barca. Martins dkk mampu memberikan pressing yang nampaknya menyulitkan pemain Blaugrana.

Menit kesembilan, Sergio Busquets menerima umpan pendek dari tendangan sudut. Namun, Fernandes mampu menjegalnya dari belakang sehingga tidak bisa diubah menjadi gol.

Semenit berselang, gantian Suarez yang mendapatkan peluang emas. Bermula dari tendangan bebas yang dilakukan oleh Messi dari sisi kanan Barcelona. Namun, sundulan Suarez masih gagal karena terkena tiang gawang.

© INDOSPORT
Reaksi Lionel Messi usai gagal mencetak gol. Copyright: INDOSPORTReaksi Lionel Messi usai gagal mencetak gol.

Peluang didapatkan oleh tim tuan rumah setelah Doumbia mendapatkan tekel keras dari Pique. Sayangnya, tendangan bebas dari Acuna masih gagal dikonversi menjadi gol oleh Fernandes karena terlanjur offside.

Beberapa kali para pemain dari kedua tim melancarkan serangan namun belum ada yang berbuah menjadi angka. Hingga menit ke-25, anak asuh Ernesto Valverde melakukan penguasaan bola yang lebih banyak, yakni 65 persen. Sementara Sporting Lisbon hanya 35 persen saja.

Fernandes sempat melakukan serangan balik di menit ke-31 yang membuat Pique kesulitan. Namun tetap saja, tidak ada gol yang tercipta.

Beberapa kali Messi mendapatkan peluang untuk mencetak angka pertama bagi timnya, tetapi tidak bisa dimanfaatkan dengan baik olehnya.

Padahal, pemain megabintang itu mampu menunjukkan performa apik dengan keluar dari kepungan tiga pemain Sporting. Melakukan umpan satu dua dengan Iniesta, kesempatan itu harus kandas setelah umpan balik dari Iniesta tidak berjalan dengan baik.

Hingga paruh babak pertama selesai, tidak ada gol yang tercipta.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, nasib nahas harus tim tuan rumah. Setelah salah satu pemainnya mendapatkan kartu kuning, yaitu Acuna, mereka harus tertinggal 0-1 dari Barca.

Menit ke-49, usai Acuna melakukan tekel keras kepada Semedo, tim Blaugrana mendapatkan tendangan bebas. Tendangan yang diarahkan tepat ke depan gawang pun sayangnya salah diantisipasi oleh Coates.

Sang pemain yang ingin membelokkan bola menjauh dari gawang malah membuat dirinya mencetak gol bunuh diri. 1-0 untuk Barca.

Unggul satu angka membuat Messi dkk bermain lebih nyaman. Mereka terus-menerus menguasai bola satu dua guna membongkar pertahanan Sporting untuk kembali menambah angka.

Menit ke-52, lagi-lagi Barca mendapatkan tendangan sudut. Sayang, umpan Rakitic belum mampu disambut dengan baik oleh rekan-rekannya.

Blaugrana terus-menerus mencari peluang untuk menambah keunggulan tetapi masih berujung pada kegagalan. Meskipun Barca terus menerus melancarkan serangan, tim tuan rumah nyatanya juga mampu memberikan tekanan kepada lawannya.

Sporting Lisbon nyaris saja menyamakan kedudukan lewat Fernandes. Peluang emas didapatkan sang pemain saat berhadapan satu lawan satu dengan Ter Stegen. Namun, kiper andalan Barca itu mampu melakukan blok dengan sangat baik.

Wasit Ovidiu Hategan memberikan tambahan waktu tiga menit. Perpanjangan waktu itu belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kedua tim sehingga skor 1-0 untuk kemenangan Barca pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Berikut starting XI kedua tim:

Sporting Lisbon: Patricio, Coentrao, Mathieu, Coates, Piccini, Battaglia, Carvalho, Acuna, Fernandes, Doumbia, Martins.

Cadangan: Salin, Jonathan, Tobias, Alan, B. Cesar, Petrovic, Dost.

Pelatih: Jorge Jesus.

Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Umtiti, Alba, Rakitic, S. Roberto, Busquets, Iniesta, Suarez, Messi.

Cadangan: Cillessen, Denis, Mascherano, Paulinho, Digne, Andre Gomes, Aleix Vidal.

Pelatih: Ernesto Valverde.

330