Liga Europa

Tampil Perkasa, Arsenal Unggul 3-1 atas BATE di Babak Pertama

Jumat, 29 September 2017 00:49 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© getty images
Olivier Giroud di tengah hadangan para pemain BATE. Copyright: © getty images
Olivier Giroud di tengah hadangan para pemain BATE.

Arsenal bertandang ke markas BATE di Borisov Arena untuk melakoni laga kedua babak penyisihan Grup H Liga Europa, Jumat (29/09/17) dini hari WIB. Bermain di kandang lawan tidak membuat anak asuh Arsene Wenger tampil menciut. Terbukti, mereka mampu mengungguli tim tuan rumah dengan skor 3-1 di babak pertama.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick off, Arsenal langsung menguasai jalannya pertandingan. Terbukti, sejak awal penguasaan bola dipegang oleh anak asuh Arsene Wenger hingga 75 persen.

Permainan agresif yang diperlihatkan The Gunners pun berbuah hasil. Laga baru memasuki menit kesembilan, Theo Walcott mampu menyumbangkan angka pertama untuk timnya.

Memanfaatkan umpan silang dari Jack Wilshere, bola disundul oleh Walcott di mulut gawang BATE yang masih mampu ditepis oleh Scherbitski. Bola liar hasil tepisan kiper BATE pun berhasil dimanfaatkan kembali oleh Walcott dan berubah menjadi gol. 1-0 untuk Arsenal.

Dua menit berselang, Walcott nyaris menggandakan angka lewat tendangan bebas. Sayangnya, bola terlalu kencang dan mengarah ke samping gawang.

Menit ke-16, peluang emas kembali didapatkan oleh anak asuh Wenger. Lengahnya lini pertahanan BATE membuat pemain Arsenal dengan mudahnya kembali mendekati gawang. Wilshere mampu mengoyak jala gawang namun dianulir oleh wasit karena dinilai sudah berada di posisi offside.

Usai mendapatkan tekanan berlebihan dari tim tamu, gantian tim tuan rumah yang menggencarkan serangan. Ivanic mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol di menit ke-20. Kosongnya lini pertahanan Arsenal membuat Ivanic tanpa takut menendang bola dari jauh tetapi bola malah mengarah ke samping gawang.

Berselang dua menit, nama Walcott kembali tercatat di papan skor untuk kedua kalinya. Blunder fatal dari kiper Scherbitski membuat Walcott dengan mudahnya mencetak angka.

Scherbitski yang ingin memberikan bola kepada rekannya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Walcott yang langsung menceploskan bola ke gawang dengan mudah. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Meskipun sudah unggul dua angka tidak membuat Giroud dkk mengendurkan serangan. Menit ke-25, Arsenal kembali menambah angka lewat tendangan Holding usai memanfaatkan umpan dari Mertesacker dan menambah skor menjadi 3-0.

Tertinggal tiga angka tidak membuat tim tuan rumah menyerah begitu saja. Terbukti, usaha keras mereka berbuah hasil usai Ivanic membobol gawang Ospina di menit ke-27. Dari pinggir kanan lapangan, Alexei Rios memberikan umpan lewat tendangan melambung yang mampu diubah menjadi gol oleh Ivanic lewat sundulan kepalanya. Skor 3-1 masih untuk keunggulan The Gunners.

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh kedua tim. Menit ke-30, Arsenal mendapatkan tendangan bebas usai Maitland-Niles dilanggar di sisi kiri. Sayang, bola masih mampu diantisipasi oleh pemain tuan rumah.

Tim tuan rumah beberapa kali mendapatkan peluang untuk memperkecil kedudukan, tetapi masih mampu digagalkan oleh Ospina. Begitu pula dengan tim tamu, beberapa peluang belum mampu diubah menjadi gol.

Skor 3-1 pun bertahan hingga berakhirnya paruh babak pertama.

Berikut starting XI kedua tim:

BATE: Scherbitski, Rios, Gajduchik, Milunovic, Polyakov, Volodko, Dragun, Gordejchuk, Ivanic, Stasevich, Rodionov.

Cadangan: Yablonski, Berezkin, Signevich, Veremko, Tuominen, Baga, Volodko.

Pelatih: Aleksandr Yermakovich.

Arsenal: Ospina, Holding, Mertesacker, Mustafi, Nelson, Willock, Elneny, Maitland-Niles, Walcott, Wilshere, Giroud.

Cadangan: Macey, Dasilva, Gilmour, McGuane, Dragomir, Akpom, Nketiah.

Pelatih: Arsene Wenger.

274