Liga Primer Inggris

Arsenal 2-0 Brighton & Hove Albion: Mendekat ke 4 Besar

Minggu, 1 Oktober 2017 20:18 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Agus Dwi Witono
© Getty Images
Arsenal 2-0 Brighton & Hove Albion Copyright: © Getty Images
Arsenal 2-0 Brighton & Hove Albion

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick-off, Arsenal langsung menguasai jalannya pertandingan. Laga baru berjalan dua menit, Alexandre Lacazette nyaris membawa The Gunners unggul. Sayang tembakan pemain asal Prancis itu masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-13, Alex Iwobi nyaris membawa tuan rumah mencetak gol pertamanya. Lagi-lagi  tembakan Iwobi masih bisa dihalau kiper Brighton.

Permainan agresif yang diperlihatkan The Gunners pun berbuah hasil. Pada menit ke-16, Nacho Monreal mampu menyumbang gol pertama untuk timnya. Gol itu bermula dari tendangan bebas Granit Xhaka yang berakhir menjadi kemelut di muka gawang Brighton. 

Bola liar jatuh ke Bellerrin yang langsung melepaskan tembakan keras. Tendangan itu membentur lini pertahanan Brighton dan kemudian jatuh ke kaki Monreal yang tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengirim bola masuk ke dalam gawang.

Usai mendapatkan tekanan berlebihan dari tuan rumah, gantian tim tamu yang menggencarkan serangan. Pada menit ke-23, Brighton nyaris menyamakan kedudukan lewat Salomon March. Namun sayang tendangannya masih mengenai tiang gawang.

Hingga peluit tanda babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Arsenal.

Babak Kedua

Unggul satu gol tak membuat pasukan Arsene Wenger puas. Tuan rumah langsung meningkatkan tempo serangan saat pertandingan memasuki paruh waktu kedua. Upaya itu akhirnya berbuah manis.

Arsenal akhirnya berhasil menambahkan keunggulan lewat pemain muda mereka, Alex Iwobi. Gol itu merupakan hasil kerjasama apik antara Sanchez dan Iwobi. Pemain 21 tahun itu sukses mencetak gol lewat tendangan kerasnya usai mendapatkan umpan backheel dari Sanchez, 2-0 untuk Arsenal. 

Unggul dua gol, membuat Arsenal lebih semangat untuk melancarkan serangan. Alexis Sanchez nyaris memperbesar keunggulan pada menit ke-61. Namun tendangannya masih bisa diblok kiper Brighton.

Tertinggal dua gol, Brighton berupaya keras mengejar ketertinggalan. Upaya serangan yang dilakukan Salomon March pada menit ke-62  belum berhasil mengubah keadaan.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap tidak berubah. Hasil ini membuat peluang tuan rumah untuk mengejar posisi 4 Besar lebih terbuka lebar. 

Arsenal kini duduk manis di peringkat 5 klasemen dengan 13 poin. Sementara bagi Brighton & Hove Albion, kekalahan ini membuat mereka kini menghuni posisi 14 klasemen dengan 7 poin.

Susunan Pemain Kedua Tim

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Holding, Mustafi, Monreal; Bellerin, Ramsey, Xhaka, Kolasinac; Iwobi, Sanchez; Lacazette.

Brighton & Hove Albion (4-4-1-1): Ryan; Bruno, Dunk, Duffy, Bong; Stephens, Pröpper, Brown, March; Groß; Izquierdo. 

388