Liga 2 Indonesia

Kalah dari Cilegon United, Pelatih Persis Solo 'Serang' Wasit

Selasa, 3 Oktober 2017 05:05 WIB
Kontributor: Ghozi El Fitra | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Para pemain Persis Solo saat memprotes hukuman dari wasit. Copyright: © INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Para pemain Persis Solo saat memprotes hukuman dari wasit.

Persis Solo harus menelan kekalahan atas tuan rumah Cilegon United dalam laga Babak 16 Besar Liga 2 Musim 2017. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, proses harus mengakui keunggulan tuan rumah  dengan skor 2-0.

Gol kemenangan Cilegon United masing masing diciptakan oleh Ahmad Ikhwan pada menit ke-23 melalui sundulan serta tendangan Jalwandi dua menit setelahnya.

© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Aksi pemain Persis Solo saat menghadapi Cilegon United. Copyright: INDOSPORT/Ghozi El FitraAksi pemain Persis Solo saat menghadapi Cilegon United.

Pelatih Persis Solo, Widyantoro menyesalkan hasil pertandingan tersebut. Dia kecewa anak asuhnya tidak mendapatkan kemenangan, padahal kemenangan melawan Cilegon United bisa menghantarkan mereka ke babak 8 besar lebih awal.

Usai laga, Widyantoro menyesalkan kepemimpinan wasit Khalid Al Makmun dari Banda Aceh. yang dianggap sangat tidak fair dan dinilai berat sebelah.

© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Seorang pemain Persis Solo harus tergeletak di pinggir lapangan. Copyright: INDOSPORT/Ghozi El FitraSeorang pemain Persis Solo harus tergeletak di pinggir lapangan.

Banyak keputusan kontroversial yang menyebabkan kerugian cukup besar bagi tim Persis Solo. Bahkan wasit hanya diam saja ketika Soni mendapatkan pukulan dari pemain Cilegon United.  

"Soni dipukul pemain Cilegon dan wasit diam saja, pelanggaran di kotak penalti juga tidak mendapatkan apa-apa," ucap Wiwid.

Seharusnya, kata Wiwid wasit yang memimpin pertandingan harus bertindak adil. Sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Hasil pertandingan ditentukan dari kerja keras para pemain di lapangan, bukan ditentukan atas bantuan dari wasit atau pihak-pihak tertentu.

"Wasit saat ini sebenarnya pintar-pintar namun ada pihak yang sengaja membuat mereka tidak pintar," tegasnya.

Dengan hasil tersebut persis harus berjuang lagi di pertandingan selanjutnya untuk menjaga asa dan bisa lolos ke babak 8 besar. Meski kalah, Persis masih memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan 7 poin.

275