Dipanggil ke Timnas, Awan Setho: Urusan Main Nanti Saja

Rabu, 4 Oktober 2017 09:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Salah satu kiper muda, Awan Setho Raharjo akhirnya mendapatkan panggilan untuk membela Timnas senior Indonesia usai tampil bagus bersama Bhayangkara FC di putaran kedua Liga 1 2017. Karenanya, pesepakbola 20 tahun itu mengucapkan syukur lantaran kerja kerasnya selama ini terbayar.

Meski demikian, Awan Setho mengaku tidak terlalu bernafsu untuk mengejar posisi sebagai penjaga gawang utama Timnas Indonesia. Ia menyerahkan semua keputusan kepada tim pelatih, yang terpenting ia harus menunjukkan kualitasnya terlebih dahulu untuk meyakinkan pelatih Luis Milla.

"Iya, Alhamdulillah perjuangan dan latihan saya selama ini tidak sia sia. Target pasti ada, tapi untuk urusan main nanti aja, tapi yang pasti saya senang," tutur Awan Setho.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Tendangan pemain Bali United, Stefano Lilipaly (tengah) digagalkan kiper Bhayangkara FC, Awan Setho (kanan). Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimTendangan pemain Bali United, Stefano Lilipaly (tengah) digagalkan kiper Bhayangkara FC, Awan Setho (kanan).

Sebelum tampil bagus bersama Bhayangkara FC, sejatinya Awan Setho bukan menjadi pilihan pertama di klub dan pernah terpinggirkan di putaran pertama Liga 1 dengan dipinjamkan ke klub Liga 2, PSIS Semarang. Namun, berkat kegigihan dan usaha kerasnya ia pun kembali dipanggil dan dipercaya pelatih Bhayangkara, Simon McMenemy yang pada akhirnya mengantarkan Awan Setho naik level ke Timnas senior.

Lebih lanjut, Awan Setho juga mengemukakan pendapatnya terkait kepemimpinan Luis Milla bersama Timnas Indonesia. Menurut pesepakbola asal Jawa Tengah itu, gaya melatih pelatih Spanyol itu tidak jauh berbeda dengan pelatih lokal yang saat ini menangani Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ekspresi kegembiraan dua pemain BFC, Jajang Mulyana dan Awan Setho usai pertandingan. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEkspresi kegembiraan dua pemain BFC, Jajang Mulyana dan Awan Setho usai pertandingan.

"Coach Milla yang saya lihat dari SEA Games kemarin, ya saya rasa dia itu mirip coach Indra Sjafri," ungkap pemilik nomor punggung 12 di Bhayangkara FC tersebut.

Laga Timnas Indonesia melawan Kamboja, Rabu (04/10/17) malam ini di Stadion Patriot, Bekasi juga membuka kesempatan bagi Awan Setho untuk melakoni partai debut bersama Timnas senior. Karenanya ia menegaskan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan jika dipercaya tampil. Terlebih, kiper kelahiran Semarang, Jawa Tengah tersebut sudah mendapat doa dan dukungan dari orang tuanya.

478