Pertandingan Lawan Kamboja Tak Diakui FIFA, Ini Penyebabnya

Rabu, 4 Oktober 2017 09:13 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Latihan Timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Kamboja. Copyright: © PSSI
Latihan Timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Kamboja.

Laga uji coba Timnas Indonesia vs Kamboja akan berlangsung hari ini, Rabu (10/10/17) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Namun tampaknya laga tersebut akan menjadi sekadar pertandingan formalitas karena tak masuk agenda FIFA.

Padahal jika laga tersebut diakui oleh FIFA, peluang Indonesia untuk meraih poin dan memperbaiki ranking dunia terbuka lebar. Terkait tak diakuinya laga Indonesia vs Kamboja, PSSI pun menjelaskan alasannya.

PSSI nyatanya sudah berusaha untuk mendapatkan lawan tanding untuk Timnas Indonesia yang diakui FIFA. Namun di menit-menit akhir, mereka justru gagal mendapat respons FIFA saat memutuskan untuk menjadikan Kamboja sebagai lawan.

"Awalnya, Timnas akan memainkan laga FIFA Matchday lawan Mauritania. Kami sudah kirimkan datanya untuk registrasi ke FIFA," kata kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo. 

© PSSI
Para pemain Timnas Indonesia mulai menjajaki strategi yang diberikan Timnas Indonesia. Copyright: PSSIPara pemain Timnas Indonesia mulai menjajaki strategi yang diberikan pelatih.

"Tapi ternyata, pihak Mauritania membatalkan laga uji tanding. Makanya kami mencari lawan lain dan mendapatkan Kamboja tapi tidak dapat respons dari FIFA," tambahnya.

Bukan kali ini saja Indonesia melakoni laga uji coba yang tidak masuk dalam agenda FIFA. Sebelumnya saat Skuat Garuda bertemu Puerto Rico pada 2 September lalu, laga tersebut juga tak diakui oleh federasi sepakbola dunia tersebut.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kepala Humas dan Promosi PSSI, Gatot Widakdo. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKepala Humas dan Promosi PSSI, Gatot Widakdo.
3.2K