Kualifikasi Piala Dunia 2018

Irlandia Utara 1-3 Jerman: Der Panzer Belum Ternoda

Jumat, 6 Oktober 2017 03:44 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© DFB
Selebrasi para pemain Jerman usai membobol gawang Irlandia Utara. Copyright: © DFB
Selebrasi para pemain Jerman usai membobol gawang Irlandia Utara.

Babak I

Meski bermain dengan skuat muda, namun para pemain Jerman nampak padu di awal babak pertama. Bahkan Jerman mampu membuat gol cepat saat laga baru berusia dua menit.

Sebuah gol spektakuler mampu diciptakan oleh Sebastian Rudy dari jarak cukup jauh. Pemain Bayern Munchen ini sukses melesakan tendangan yang tak terjangkau oleh kiper tuan rumah.

Empat menit kemudian, Jerman nyaris saja menambah angka. Namun peluang dari Sandro Wagner mampu diselamatkan.

Pada menit-ke-18 Jerman kembali membuat peluang matang. Sayang umpan Joshua Kimmich tak mampu diselesaikan oleh Wagner.

Barulah di menit ke-21, Wagner sanggup benar-benar mencetak gol. Setelah mendapat sodoran dari Thomas Muller, Wagner berhasil mengelabui bek Irlandia Utara dan melepaskan tendangan keras untuk mencetak gol.

Tuan rumah mencoba membalas, namun kesulitan untuk menembus lini pertahanan kokoh dari Jerman. Para pemain Jerman bermain disiplin saat bertahan dan cepat saat melakukan skema serangan.

Hingga babak pertama usai, Jerman mampu mempertahankan kedudukan. Hanya butuh 45 menit sebelum anak asuh Joachim Low ini memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Babak II

Tertinggal dua gol di babak pertama membuat para pemain Irlandia Utara mencoba bermain lebih menyerang. Namun Jerman sanggup menguasai laga sejak awal babak kedua.

Tim tamu yang sudah unggul masih mencoba bermain agresif dengan operan kaki ke kaki. Sektor sayap menjadi andalan Die Manschaft untuk menjelajah pertahanan Irlandia Utara.

© DFB
Sandro Wagner sukses mencetak gol kedua bagi Jerman ke gawang Irlandia Utara. Copyright: DFBSandro Wagner sukses mencetak gol kedua bagi Jerman ke gawang Irlandia Utara.

Pada menit ke-78, Washington mendapat peluang emas setelah mencuri bola dari Boateng. Namun sayang sepakannya masih melambung dari gawang Jerman.

Jelang laga berakhir, justru Jerman yang sanggup menambah keunggulan. Sebuah kemelut di muka gawang berhasil dimanfaatkan Joshua Kimmich untuk mencetak gol.

Pemain lincah ini mampu mencocor bola liar dari sudut sempit. Gol ini juga merupakan sumbangannya selain assistnya di babak pertama dalam laga ini.

Saat laga nampaknya akan berakhir tanpa gol bagi kubu tuan rumah, Josh Magenis mampu mencetak gol. Pemain Charlton Athletic ini mampu membobol gawang Marc-Andre Ter Stegen di masa perpanjangan waktu.

Akan tetapi gol ini menjadi yang terakhir dalam laga ini. Kedua tim tak lagi bisa mencetak gol di waktu tersisa.

Kemenangan ini membuat rekor sempurna Jerman di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 tetap terjaga. Jerman masih belum terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya di ajang ini untuk memastikan diri lolos ke Rusia.

348