Tidak Ada Pemain Papua di Timnas U-19, Ungkapan Elie Aiboy Ini Bikin Sedih

Jumat, 6 Oktober 2017 19:28 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri.

Legenda hidup Timnas Indonesia, Elie Aiboy, sedikit menyayangkan tidak adanya pemain dari Papua di skuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri. 

Padahal Papua sendiri merupakan salah satu daerah yang banyak menghasilkan banyak pemain-pemain sepakbola top bagi Timnas Indonesia. Bahkan, Papua juga memiliki salah satu klub paling hebat dalam sejarah persepakbolaan profesional Indonesia, yakni Persipura Jayapura yang banyak menorehkan tinta emas di Liga Indonesia.

"Kita lihat tak ada satu pun pemain Papua di skuat Timnas U-19. Hal ini tak bisa terjadi. Indonesia adalah dari sabang sampai merauke, sehingga harus ada pemain Papua di dalamnya," kata Elie dilansir dari Jawapos.

© Alchetron
Legenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy. Copyright: AlchetronLegenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

"Saya berharap dalam waktu dekat mulai ada kembali Elie atau Boaz Solossa baru yang muncul. Harus ada pemain Papua di skuat Indonesia," tandas mantan pemain Persija Jakarta itu.

Sebelumnya, Timnas U-19 juga sempat mengadakan seleksi pemain dari Papua sebagai persiapan Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia 2018 pada Februari 2017 lalu. Namun mantan pemain Persipura, Nico Damo, menilai proses seleksi Timnas U-19 wilayah Papua pilih kasih. Sebab pelatih kepala Indra Sjafri tidak terjun langsung tapi mengirimkan asistennya. 

© Instagram @Persipurapapua1963
Duel keras antara Boaz Solossa dan Titus Bonai. Copyright: Instagram @Persipurapapua1963 Boaz Solossa dan Titus Bonai merupakan talenta yang berasal dari Papua.

“Pelatih kenapa tidak hadir langsung tetapi mengirim asistennya. Jangan jadikan Papua sebagai anak tiri, sementara daerah lain diprioritaskan,” ujar Nico dilansir dari Tabloidjubi.com (03/03/17).

Nico Damo juga memberikan penjelasan mengapa tidak ada pemain Papua di skuat Garuda Nusantara. Menurutnya, pelatih Indra Sjafri harus menyaksikan langsung potensi bakat-bakat muda Papua.

“Ini yang harus kita pertanyakan, jika Indra Syafri punya niat untuk melihat langsung talenta muda anak Papua, kenapa harus menunjuk asisten,” sesal Nico.

3.3K