Kualifikasi Piala Dunia 2018

Belarusia 1-3 Belanda: Langkah Belanda Semakin Terjal!

Minggu, 8 Oktober 2017 03:49 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Arjen Robben melakukan selebrasi pasca mencetak gol. Copyright: © INDOSPORT
Arjen Robben melakukan selebrasi pasca mencetak gol.

Tim Nasional (Timnas) Belarusia menjamu Belanda di Borisov Arena dalam laga lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Anak asuh Dick Advocaat mampu meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick off pertandingan, Belanda tidak langsung melancarkan serangan agresif. Anak asuh Dick Advocaat justru memainkan bola dengan tenang di area belakang.

Virgil van Dijk dkk nampaknya bermain hati-hati supaya tidak kebobolan dan meraih kegagalan. Sebab, mereka harus bisa meraih kemenangan besar untuk menjaga asa lolos ke Piala Dunia 2018.

Menit kelima, Ryan Babel dan Davy Propper mencoba melancarkan serangan pertama. Kerja sama apik kedua pemain untuk menciptakan ruang sayangnya belum mampu diteruskan dengan baik oleh rekan lainnya.

Dua menit berselang, tim tuan rumah mencoba memberikan tendangan pertama. Dari jarak 30 meter, Ivan Maevskiy melepaskan tembakan keras tapi bola melambung tinggi.

Meskipun pemain Belarusia yang terlihat lebih yakin dalam pola serangan, tim tamu lebih unggul dalam hal penguasaan bola. Pertandingan berjalan hingga menit ke-12 dan Belanda diketahui menguasai penguasaan bola mencapai 64 persen.

Namun, serangan dari tim tamu selalu kandas karena rapatnya lini pertahanan yang diterapkan pemain Belarusia.

Menit ke-24, Davy Propper mampu memecah kebuntuan timnya usai mencetak gol pertama. Dengan memanfaatkan umpan dari Arjen Robben, Propper mampu mencetak angka dengan tendangan voli miliknya. Skor 1-0 untuk Belanda.

Usai gol pertama, anak asuh Advocaat pun terlihat lebih agresif untuk kembali menambah keunggulan. Menit ke-30, lagi-lagi pemain Belanda berhasil mencetak gol. Namun sayangnya, angka dari Propper dianulir wasit karena sudah berada di posisi offside.

Beberapa kali Roben dkk melepaskan tembakan tetapi belum mampu berubah menjadi angka. Hingga turun minum, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 1-0 milik Belanda masih bertahan.

Babak Kedua

Memasuki laga babak kedua, pemain Belanda tampil lebih trengginas untuk bisa kembali menambah kedudukan. Sayang, keasyikan menyerang membuat mereka lupa untuk bertahan.

Alhasil, tim tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan. Maksim Volodjko berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai mengonversi assist dari Sergey Balanovich di menit ke-55.

Volodjko melakukan overlap ke arah sisi kiri dan melepas tembakan datar yang tidak bisa ditaklukkan Cillessen. Skor berubah menjadi 1-1.

Berhasil disusul oleh tim lawan membuat penggawa Oranje memainkan formasi yang lebih menyerang untuk bisa kembali mencetak angka dan mengemas tiga poin.

Menit ke-71, Aleksandr Karnitskiy nyaris menambah angka bagi Belarusia. Mendapatkan ruang tembak, dirinya melepaskan tembakan namun sayangnya melaju ke sisi gawang Cillessen.

Tim tamu nampaknya belum mampu menemukan pola serangan yang tepat, sedangkan anak asuh Igor Kriushenko terus menutup rapat lini belakang mereka.

Peluang emas berhasil didapatkan Oranje setelah wasit memberikan hadiah penalti karena Signevich melanggar Robben di kotak terlarang. Tanpa ampun, Robben yang menjadi eksekutor pun menceploskan bola ke gawang Chernik. Skor menjadi 2-1.

Kembali tertinggal angka membuat tim tuan rumah semakin agresif. Menit ke-89, Belarusia hampir menyamakan angka tetapi tandukan Karnitskiy hanya membentur tiang gawang.

Alih-alih menyusul ketertinggalan, kiper Chernik harus kembali memungut bola untuk yang ketiga kalinya. Adalah Memphis Depay yang mampu merobek jala gawang tim lawan di menit 90+3. Meskipun baru dimainkan di menit ke-68, pemain milik Olympique Lyon itu mampu menyumbangkan satu angka.

Saat itu, dirinya dilanggar di depan kotak penalti. Mendapatkan tendangan bebas, Depay pun langsung mengeksekusi dengan baik dan mencetak angka. Skor 3-1 pun bertahan hingga sang pengadil lapangan meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Berikut starting XI kedua tim:

Belarusia: Chernik; Rios, Yanushkevich, Politevich, Volodko; Dragun, Maevskiy; Balanovich, Karnitskiy, Stasevich; Signevich.

Pelatih: Igor Kriushenko.

Belanda: Cillessen; Janmaat, Van Dijk, Rekik, Blind; Vilhena, Propper, Wijnaldum; Robben, Janssen, Babel.

Pelatih: Dick Advocaat.

3.5K