Kualifikasi Piala Dunia 2018

Lithuania 0-1 Inggris: Tetap Tampil Agresif

Senin, 9 Oktober 2017 01:01 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Harry Kane berselebrasi usai cetak gol. Copyright: © INDOSPORT
Harry Kane berselebrasi usai cetak gol.

Tim Nasional (Timnas) Inggris melakoni laga lanjutan di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan bertandang ke markas Lithuania di LFF Stadium. Meskipun sudah memastikan satu tiket ke Rusia, anak asuh Gareth Southgate tetap bermain agresif dan mengalahkan tim tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Babak Pertama

Sejak wasit Orel Grinfeld meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Timnas Lithuania langsung mencoba memberikan perlawanan. Baru berjalan dua menit, anak asuh Edgaras Jankauskas mencoba keberuntungan dengan melakukan tembakan dari jarak 27 meter namun masih belum tepat sasaran.

Menit ketujuh, Jordan Henderson sempat mencuri bola dan mengirim umpan ke Dele Alli, yang diteruskan ke Marcus Rashford. Setelah itu, bola yang dikuasai oleh Harry Kane pun ditendang dengan keras oleh sang pemain tetapi hanya menyamping ke sisi gawang.

Selang empat menit, peluang didapatkan oleh tim tuan rumah. Harry Maguire sempat kehilangan bola dekat kotak penalti yang langsung diambil oleh Darvydas Sernas. Sang pemain langsung mengirimkan umpan crossing tetapi masih nihil.

Kebuntuan untuk mencetak gol pun terpecah usai Alli dijatuhkan di kotak penalti di menit ke-27. Wasit asal Israel pun langsung memberikan hadiah penalti kepada anak asuh Gareth Southgate.

Harry Kane yang menjadi eksekutor penalti pun menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan percaya diri Kane menendang bola ke pojok sisi kanan yang tidak mampu diantisipasi oleh Ernestas Setkus. Skor 1-0 untuk The Three Lions.

Unggul satu angka membuat pola permainan Kane dkk menjadi lebih baik. Namun hingga turun minum, tidak ada lagi gol yang mampu diciptakan oleh kedua kubu dan tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Inggris.

Babak Kedua

Di paruh babak kedua, Inggris lebih mendominasi penguasaan bola dan kembali ingin menambah angka. Sementara Lithuania lebih fokus pada pertahanan supaya tidak kebobolan.

Meskipun begitu, pemain depan mereka, Sernas yang menjadi ujung tombak turut memberikan ancaman kepada tim tamu. Menit ke-51, Sernas melakukan sepakan keras tetapi hanya melambung ke atas mistar gawang.

Hingga menit ke-60, The Three Lion terus mendominasi penguasaan bola tetapi belum mampu menciptakan peluang. Harry Kane lagi-lagi mendapatkan peluang emas saat masuk ke kotak penalti lawan dan melepaskan sepakan. Sayang tidak mampu mengenai target.

Menit ke-77, Alli mendapatkan peluang lewat sundulan, tetapi bola hanya menyamping ke sisi gawang. Selang lima menit, Inggris kembali mendapatkan kesempatan untuk menambah keunggulan.

Lingard mengirim bola ke kaki Sturridge. Namun sepakannya hanya menyamping. Beberapa kali peluang yang didapatkan Inggris belum mampu diubah menjadi angka.

Hingga wasit memberikan perpanjangan waktu dua menit, tidak ada lagi gol tercipta. Skor 1-0 untuk kemenangan Inggris pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Berikut starting XI kedua tim:

Lithuania: Setkus, Borovskij, Girdvainis, Klimavicius, Andriuskevicius, Zulpa, Slivka, Novikovas, Verbickas, Cernych, Sernas.

Pelatih: Edgaras Jankauskas.

Inggris: Butland, Trippier, Keane, Maguire, Stones, Cresswell, Winks, Henderson, Kane, Dele, Rashford.

Pelatih: Gareth Southgate.

167