Legenda Dortmund: Klub Liga 1 Bergurulah ke Bundesliga

Selasa, 10 Oktober 2017 17:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Galih Prasetyo
© Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle

Legenda Timnas Jerman dan juga Borussia Dortmund, Karl Heinz Riedle menilai klub-klub Indonesia harus belajar banyak dari klub Jerman terkait pengembangan pemain muda. Baginya klub Indonesia harus banyak menggunakan pemain dari akademi asli mereka.

Karl Heinz Riedl tengah menyambangi Indonesia. Pemain yang sudah membawa Jerman meraih Piala Dunia 1990 ini berada di Indonesia sejak 7 hingga 11 Oktober mendatang.

Kedatangan Riedle pun diharapkan dapat menularkan ilmunya untuk persepakbolaan Indonesia. Namun bagi pemain kelahiran 16 September 1965 ini Indonesia harus benar-benar memanfaatkan dan mengembangkan pemain mudanya.

Bukan tanpa alasan bagi Riedle untuk Indonesia mengembangkan pemain muda. Setidaknya hal ini berhasil diterapkan di Borussia Dortmund dimana mereka konsen dan memberikan jam terbang kepada pemain muda di level kompetisi tertinggi.

"Itu merupakan filosofi kami di Dortmund. Kami lebih ada berdasarkan penggunaan pemain yang asli dari akademi kami," ucap Riedle di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (10/10/17).

© Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comKarl-Heinz Riedle.

Dortmund memang dikenal sebagai penghasil pemain muda kelas dunia. Terbukti klub berjuluk Die Borussian menghasilkan pemain top dunia seperti Mario Goetze, Nuri Sahin, dan Christian Pulisic.

Namun Riedle sendiri menilai pemain tidak akan sendirinya akan menjadi besar bila tidak dari usahanya sendiri. Dia pun menitipkan untuk pemain muda Indonesia untuk terus menunjukkan rasa semangat kerja keras yang tinggi.

"Sangat penting untuk pemain muda untuk tetap bekerja keras untuk berada di tim pertama," tutup dia.

231