PIALA DUNIA 2018

Starting XI Pemain Terkenal yang Gagal Tampil di Rusia

Selasa, 10 Oktober 2017 15:47 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIFA
Piala Dunia 2018. Copyright: © FIFA
Piala Dunia 2018.

Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia hampir rampung digelar. Beberapa tim-tim besar dari seluruh penjuru dunia telah memastikan diri untuk turut berpartisipasi mengikuti kejuaraan terbesar dan terkemuka di dunia tersebut.

Sang jawara bertahan, Jerman, memiliki ambisi untuk tetap mempertahankan gelar juara yang kini masih mereka genggam sejak tahun 2014 lalu. Ditambah lagi dengan kemenangan sempurna tak terkalahkan dalam kualifikasi Piala Dunia zona Eropa di Grup C, menjadi modal semangat yang tinggi untuk Der Panzer nantinya.

Selain misi mempertahankan gelar juara untuk Jerman, terdapat hal unik lainnya dalam pagelaran Piala Dunia 2018 nanti. Adalah Mesir dan Islandia, dua tim yang kali pertama akan tampil dalam ajang tersebut. Mesir terakhir kali mengikuti Piala Dunia terjadi di tahun 1990, sementara Islandia, hal ini merupakan kali pertama mereka lolos dari kualifikasi Piala Dunia.

Di balik euforia tersebut, terdapat beberapa tim besar yang memiliki peluang untuk gagal tampil di ajang Piala Dunia 2018. Argentina dan Belanda, menjadi dua tim sarat sejarah di Piala Dunia yang terancam gagal pentas di Rusia pada tahun 2018 mendatang.

Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor tersendiri bagi keduanya. Argentina, diharuskan memenangkan pertandingan tatkala berkunjung ke Stadion Atahualpa, Quito, markas Ekuador pada Rabu (11/10/17) besok. Selain kemenangan, Lionel Messi dkk juga mengharapkan Kolombia untuk mampu mengalahkan Peru di tanggal dan waktu yang sama.

© GI
Skuat Argentina hanya bisa tertunduk meratapi hasil seri melawan Peru. Copyright: GISkuat Argentina hanya bisa tertunduk meratapi hasil seri melawan Peru.

Pasalnya Peru saat ini menempati posisi kelima zona CONMEBOL, posisi akhir untuk mengikuti play-off Piala Dunia 2018 menghadapi jawara Oseania, Selandia Baru. Sementara Argentina sendiri berada di posisi keenam. Keduanya memiliki raihan poin yang sama, yakni 25, namun Peru unggul berkat selisih gol.

Berbeda halnya dengan Belanda yang saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Arjen Robben dkk hanya meraih 16 poin, selisih tiga poin dari Swedia yang berada di posisi kedua, batas akhir untuk lolos ke Rusia.

© INDOSPORT
Arjen Robben kala membela Timnas Belanda. Copyright: INDOSPORTArjen Robben kala membela Timnas Belanda.

Di pertandingan terakhir, Belanda akan berhadapan dengan Swedia pada Rabu (11/10/17) dini hari WIB nanti. Belanda bisa saja lolos, namun harus menang dengan margin tujuh gol, sesuatu yang sangat sulit untuk berhadapan melawan Swedia.

Begitu pula dengan Bosnia-Herzegovina, yang terancam gagal lolos ke Rusia pada tahun 2018 mendatang. Itu dikarenakan Bosnia sendiri berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup H kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, selisih dua poin dari Yunani yang berada di posisi kedua.

© Edin Dzeko saat membela Timnas Bosnia.
Edin Dzeko saat membela Timnas Bosnia Copyright: Edin Dzeko saat membela Timnas Bosnia.Edin Dzeko saat membela Timnas Bosnia

Edin Dzeko dkk dinilai sulit untuk lolos, lantaran Yunani akan menghadapi Gilbraltar, tim gurem yang menjadi bulan-bulanan di Grup H. Yunani dinilai akan memenangkan pertandingan dengan skor besar, dan mengamankan tiga poin.

Selain ketiga tim tersebut, terdapat beberapa tim-tim besar yang telah lebih dulu gagal untuk pentas di Rusia seperti Wales, Skotlandia, Ghana, Kamerun, dan Republik Ceko.

Melihat banyaknya tim besar yang telah lebih dulu gagal untuk tampil di Rusia, kini INDOSPORT mencoba merangkum beberapa pemain besar yang gagal pentas di Rusia, lantaran negaranya telah tersingkir dalam kualifikasi Piala Dunia 2018.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting XI Pemain Terkenal yang Gagal Tampil di Piala Dunia 2018. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTStarting XI Pemain Terkenal yang Gagal Tampil di Piala Dunia 2018.

Posisi kiper ditempati oleh Jan Oblak. Penjaga gawang milik Atletico Madrid itu terpaksa gagal tampil di Rusia lantaran negaranya, Slovenia, berada di posisi empat klasemen akhir Grup F zona Eropa.

Untuk bek, terdapat nama-nama beken seperti Sead Kolasinac, Ashley Williams, Virgil van Dijk, dan juga Antonio Valencia. Keempat pemain klub-klub Liga Primer Inggris itu gagal menunjukkan diri di Rusia mendatang.

Posisi tengah ditempati oleh Aaron Ramsey, Vincent Aboubakar, dan Kevin Strootman. Ketiga pemain yang sentral di klubnya masing-masing itu harus memupus impiannya untuk tampil di Rusia.

Di lini depan, tiga nama besar seperti Gareth Bale, Edin Dzeko, dan Arjen Robben melengkapi starting XI pemain besar yang gagal tampil di Rusia.

147