Tak Pernah ke Piala Dunia, Indonesia-Jerman Miliki Masalah Sama

Selasa, 10 Oktober 2017 12:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Galih Prasetyo
© Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle, legenda Timnas Jerman. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle, legenda Timnas Jerman.

Legenda Timnas Jerman, Karl Henz Riedl berbicara akan permasalahan sepakbola muda Indonesia. Baginya permasalahan yang dihadapi Indonesia sama seperti apa yang dialami negara besar lainnya.

Karl berbicara akan permasalahan yang dihadapi Indonesia. Dimana seperti diketahui Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak talenta muda berbakat.

Namun talenta muda tersebut seakan hilang ditelan bumi. Mereka tidak dapat menunjukkan rasa konsisten mereka untuk menembus ke level senior. 

© Zainal Hasan/Indosport.com
Karl-Heinz Riedle Copyright: Zainal Hasan/Indosport.comKarl-Heinz Riedle

Ternyata permasalahan ini tidak hanya dihadapi oleh Indonesia. Karl Henz menilai permasalahan ini juga dihadapi negara besar lainnya seperti Jerman.

"Kami punya problem yang sama di Jerman dan juga di negara lainnya. Banyak pemain muda yang punya talenta hebat. Tapi ketika di usia senior, semuanya berbeda," ucap Karl Henz di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (10/10/17).

"Hanya sedikit yang bisa ke puncak karier sepak bola. Jadi ini adalah suatu hal yang perlu kalian (Indonesia) atasi,' tambah dia.

Pemain yang menjadi legenda bersama tim Borussia Dortmund ini pun memberikan wejangan kepada pemain muda Indonesia. Khususnya pemain yang berada di level usia 16 tahun. Dia berharap para pemain tersebut terus bekerja keras demi terus berada di top peforma mereka.

"Usia muda kisaran 16 tahunan itu sangat penting untuk perkembangan karier di masa mendatang. Anda hanya perlu bekerja keras untuk menjadi pilihan pertama," tutup dia.

1.3K