Kualifikasi Piala Dunia 2018

Aksi Panenka 'Buruk' Robben Kala Lumat Swedia

Rabu, 11 Oktober 2017 08:49 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© ESPN
Winger asal Belanda, Arjen Robben. Copyright: © ESPN
Winger asal Belanda, Arjen Robben.

Arjen Robben mampu mencetak brace pada pertandingan akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa kala Timnas Belanda bersua dengan Swedia. Salah satu angka dari Robben itu dicetak lewat tendangan penalti di menit ke-16.

Mendapatkan peluang emas untuk menyumbangkan gol pertama membuat sang kapten Oranje itu merasakan banyak tekanan. Akibatnya, angka yang dicetak olehnya lewat aksi panenka pun terkesan sangat buruk.

Pasalnya, saat itu bola hasil sepakan Robben bisa saja diantisipasi dengan mudah oleh kiper Robin Olsen. Pria berusia 33 tahun tersebut melepaskan tembakan yang mengarahkan bola ke tengah. Namun, bola tersebut berbelok agak ke kiri.

Siapa sangka, Olsen pun terkecoh dengan aksi dari Robben. Dirinya langsung dengan sigap mengarahkan tubuhnya ke arah kiri gawang tetapi terlalu 'jauh'.

Padahal, bola hasil tendangan Robben mendarat di dalam gawang tepat di sebelah kanan dirinya. Sayang, kiper milik FC Kopenhagen tidak mampu mengantisipasi dengan anggota tubuh lainnya.

Eksekusi penalti dari Robben itu pun mendapatkan berbagai macam respons dari para netizen di sosial media Twitter. Tidak sedikit dari mereka yang mengatakan bahwa aksi panenka dari pemain berusia 33 tahun itu merupakan yang terburuk di sepanjang sejarah sepakbola.

"Robben baru saja mencetak panenka terburuk dalam sejarah sepakbola. Namun orang Belanda tidak peduli," cuit akun @Nascelotti.

"Itu merupakan penalti terburuk yang pernah saya lihat di hidup saya #Robben," komentar dari akun @DannyTaylor92.

"Penalti yang dilakukan Robben itu menjadi penalti terburuk yang pernah saya lihat. Saya tidak tahu siapa yang merasa lebih malu, Robben atau kiper. #NEDSWE," akun @DrunkWolfArt menuliskan.

"Penalti Robben merupakan salah satu yang terburuk yang pernah saya lihat. Bagaimana bisa kiper tidak mengantisipasinya?" komentar dari akun @AlfonsinhoJr.

"Itu merupakan penalti terburuk yang pernah saya lihat dalam waktu lama. Tidak percaya bisa berubah menjadi gol. Beruntung bagi Robben. #NEDSWE," ucap akun @ScottOmer13.

© Istimewa
Arjen Robben usai membobol gawang Swedia. Copyright: IstimewaArjen Robben usai membobol gawang Swedia.

Sedikit informasi, pada laga itu sendiri, Timnas Belanda mampu menang dengan skor 2-0 atas Swedia di laga akhir Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa. Namun kemenangan itu tidak mampu membawa Oranje lolos ke Rusia usai hanya mampu mengamankan posisi ketiga klasemen akhir.

762