Gelandang Persib Ini Kecewa Belanda Gagal ke Piala Dunia 2018

Kamis, 12 Oktober 2017 00:16 WIB
Kontributor: Gita Agiet | Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© INDOSPORT
Skuat Timnas Belanda. Copyright: © INDOSPORT
Skuat Timnas Belanda.

Kegagalan Timnas Belanda ke Piala Dunia 2018 Rusia sangat disayangkan gelandang Persib Bandung, Raphael Maitimo. Menurutnya tidak sepantasnya negara kelahirannya itu gagal mencapai event akbar empat tahun sekali tersebut.

Maitimo menilai seharusnya De Oranje bisa lolos karena secara materi pemain dihuni pemain berkualitas. Namun nyatanya, Belanda gagal setelah kalah selisih gol dari Swedia pada klasemen akhir Grup A kualifikasi zona Eropa. 

Meski menang 2-0 atas Swedia di Stadion Amsterdam Arena, Selasa (10/10/17). Namun, kemenangan itu tidak cukup mengantarkan Belanda ke babak play-off. Belanda hanya menduduki peringkat ketiga dengan raihan 19 poin, sama dengan Swedia (posisi kedua) namun kalah selisih gol.

"Saya sangat kecewa karena ini tim besar sekali banyak dengan pemain yang bagus. Tapi ini sepakbola, situasinya sedikit seperti Persib musim ini, banyak pemain berkualitas tapi hasil kurang bagus," ungkap Maitimo di Mes Persib Bandung, Jalan Ahmad Yani Bandung, Rabu (11/10/17). 

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Raphael Maitimo Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTRaphael Maitimo, gelandang berdarah Belanda milik Persib Bandung.

Kecewa ini, tidak hanya dirasakan Maitimo saja namun juga dirasakan keluarganya di Belanda dan hampir seluruh masyarakat di negeri Kincir Angin.

"Satu bulan yang lalu juga teman saya Robin van Persie dipanggil Timnas Belanda tapi cedera. Banyak orang sedih, saya juga sedih, tentu sangat kecewa. Ini juga pertandingan terakhir untuk (Arjen) Robben. Saya juga sudah bicara sama keluarga di Belanda dan semua kecewa," katanya.

© Istimewa
Arjen Robben usai membobol gawang Swedia. Copyright: IstimewaArjen Robben usai membobol gawang Swedia.

Pemilik nomor punggung 10 ini pun berharap di penyelenggaraan Piala Dunia berikutnya Belanda bisa masuk dan ikut serta.

"Saya harus hormat sama semua pemain Belanda karena sudah berikan yang terbaik meski tidak ikut Piala Dunia 2018. Ini sepakbola, kita lihat Islandia juga bisa main di Piala Dunia untuk pertama kali. Mereka tim kecil di Piala Dunia dan Belanda sebagai tim besar tidak," pungkas top skor sementara Maung Bandung ini.

284