Senasib dengan Indonesia, Pakistan Resmi Dijatuhi Sanksi oleh FIFA

Kamis, 12 Oktober 2017 05:08 WIB
Editor: Nindhitya Nurmalitasari
© fifa.com
Pakistan terkena sanksi dari FIFA. Copyright: © fifa.com
Pakistan terkena sanksi dari FIFA.

Pakistan resmi dijatuhi sanksi larangan terlibat dalam pertandingan sepakbola internasional oleh FIFA. Hal ini dinyatakan oleh FIFA dalam rilis mereka.

Sanksi ini sendiri dijatuhkan oleh otoritas sepakbola dunia tersebut lantaran federasi sepakbola nasional Pakistan atau Pakistan Football Federation (PFF) disinyalir diintervensi oleh pihak ketiga.

© internet
Caption Copyright: internetFIFA jatuhkan sanksi ke Pakistan.

Sanksi ini otomatis membuat PFF kehilangan hak-hak keanggotaannya sebagaimana yang tercantum dalam pasal 13 Statuta FIFA. Itu berarti baik tim nasional maupun klub-klub sepakbola Pakistan tak diperkenankan mengikuti turnamen dalam naungan FIFA.

"Biro mengambil keputusan ini lantaran adanya fakta bahwa kantor-kantor PFF dan akun-akunnya masih berada di bawah kendali administrator yang ditunjuk pengadilan, yang merupakan pelanggaran terhadap kewajiban-kewajiban PFF untuk mengelola urusan internalnya sendiri dan tanpa pengaruh apa pun dari pihak-pihak ketiga sesuai Statuta FIFA," bunyi pernyataan FIFA.

"Sanksi akan dicabut apabila kantor PFF dan akses terhadap akun PFF dikembalikan ke federasi."

Dilansir dari Goal, intervensi pihak ketiga yang dimaksudkan oleh FIFA adalah intervensi dari pemerintah Pakistan sendiri terhadap federasi sepakbolanya. Dugaan ini muncul setelah ada indikasi kecurangan dalam pemilihan Faisal Saleh Hayat sebagai Presiden PFF untuk ketiga kalinya pada Juni 2015 lalu.

"Sanksi ini membuat masa depan para pesepakbola dalam bahaya. Ini berita buruk. Sekarang para pemain tak bisa tampil di pentas internasional dan sepakbola domestik bahkan akan menderita, sangat buruk," respons Hayat kepada Geo News, dikutip dari Goal.

© geo.tv
Faisal Saleh Hayat, Presiden PFF. Copyright: geo.tvFaisal Saleh Hayat, Presiden PFF.

Kasus ini mirip seperti yang terjadi pada Indonesia beberapa waktu silam. Tepatnya ketika FIFA menghukum sepakbola Indonesia pada 13 Mei 2015 lalu akibat konflik antara pemerintah Indonesia dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Untungnya sanksi itu sudah dicabut setahun kemudian.

Selain Indonesia, dunia Kuwait juga menjadi salah negara yang sempat mendapatkan sanksi dari induk sepakbola dunia ini. Sanksi yang didapatkan Kuwait juga disebabkan oleh isu intervensi pemerintah terhadap federasi sepakbola mereka.

324