Wacana Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Tak Dapat Dukungan Pemerintah Thailand

Kamis, 12 Oktober 2017 15:05 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© goal
Trofi Piala Dunia. Copyright: © goal
Trofi Piala Dunia.

Wacana menjadi tuan rumah bersama antara Indonesia dan Thailand untuk Piala Dunia 2034 kini terancam. Meski Asosiasi Sepakbola Thailand (FAT) telah menerima pinangan Indonesia, rupanya mereka tak mendapat dukungan dari pemerintah.

Sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Olahraga Thailand, Kobkarn Wattanavrangkul, pemerintahnya tengah menimbang keuntungan dari penyelenggaraan Piala Dunia, apakah sepadan dengan mengeluarkan biaya besar.

"Kami akan membutuhkan sejumlah besar uang untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Kami akan butuh beberapa stadion baru dan sistem transportasi yang lebih baik, begitu pula dengan fasilitas lain," tutur Kobkarn, dinukil dari Bangkok Post.

© INDOSPORT/INTERNET
Stadion Rajamangala Copyright: INDOSPORT/INTERNETStadion Rajamangala, Thailand.

"Kami harus melakukan studi menyeluruh tentang apa yang akan Thailand dapatkan dari menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kami harus mempertimbangkan apakah investasi besar itu akan sepadan. Kami juga butuh rencana untuk stadion baru setelah Piala Dunia. Kami harus memikirkan apakah ini berdampak pada ekonomi negara," imbuhnya.

Kobkarn melanjutkan, pemerintah Thailand cenderung memilih untuk jor-joran demi mengembangkan olahraga nasionalnya ketimbang buang-buang uang untuk menjadi tuan rumah pesta sepakbola terbesar dunia tersebut.

"Satu hal yang lebih penting daripada menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah mendorong timnas di semua level untuk mencapai final Piala Dunia. Ini akan lebih berharga daripada menggunakan miliaran baht untuk bersaing menyelenggarakan Piala Dunia," tegasnya.

Ia tampaknya juga pesimistis dengan peluang menang bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 karena akan bersaing dengan negara-negara maju lainnya yang jauh lebih kaya. "Australia, Korea Selatan, Jepang, dan Timur Tengah punya potensi lebih besar dan lebih kaya dibanding Thailand," tandas Kobkarn.

Sebelumnya, PSSI telah menyampaikan kabar baik bahwa AFF sendiri telah merestui wacana tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama ini, pada akhir September lalu.

“Indonesia dan Thailand didukung seluruh anggota AFF untuk pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034,” tulis akun Twitter resmi PSSI.

2.6K