Mau Coba Jadi Wasit? Simak Video Ini Lebih Dulu

Minggu, 22 Oktober 2017 04:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Agus Dwi Witono
© getty images
David Luiz diberikan kartu merah oleh wasit. Copyright: © getty images
David Luiz diberikan kartu merah oleh wasit.

Dalam sebuah pertandingan sepakbola, pasti tak akan lepas sosok pengadil di lapangan atau biasa disebut wasit. Sosok yang memiliki hak penuh mengenai aturan yang sudah ditetapkan FIFA selama pertandingan kepada seluruh pemain, pelatih, dan ofisial tim.

Peran wasit sangat penting dalam terselenggaranya sebuah pertandingan sepakbola yang teratur. Wasit utama memiliki tiga asisten yang siap membantunya di setiap pertandingan.

© Fox Sport
Wasit Danny Makkelie memeriksa video replay. Copyright: Fox SportWasit Danny Makkelie memeriksa video replay.

Meski demikian, wasit tetaplah manusia biasa. Sehingga tak jarang keputusan wasit menimbulkan kontroversi. Seperti "Gol Tangan Tuhan" yang dilakukan Diego Maradona ke gawang Timnas Inggris pada di Piala Dunia 1986. Atau ketika sepakan Frank Lampard ke gawang Manuel Neuer yang membentur tiang lalu terjatuh tepat melewati garis gol, tapi bola terpental keluar gawang.

Melihat hal-hal seperti itu, dapat dipastikan kalau kerja seorang wasit tidaklah mudah. Perlu ketegasan, selalu yakin apa yang sudah diputuskannya, dan tidak mudah terprovokasi.

Video berikut ini akan membawa Anda merasakan langsung tugas dan beban seorang wasit utama. Berlari ke seluruh area lapangan dan mendapat protes dari para pemain.

Tidak mudah, bukan?

Di era sekarang, wasit mendapat bantuan dari beberapa teknologi canggih agar insiden-insiden tersebut tidak terulang kembali. Tetapi, wasit tetaplah wasit. Walaupun ada hal ganjil dari keputusannya, namun justru itulah yang membuat sepakbola selalu menarik dengan segala kontoversinya.

263