Liga 1

Perseru Serui 2-1 Persipura Jayapura: Magis Marora Tundukkan Mutiara Hitam

Minggu, 22 Oktober 2017 15:51 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Laga Perseru Serui kontra Persipura dapat dikatakan sebagai pertandingan dua tim dengan nasib bagai bumi dan langit. Persipura yang membidik tiga poin demi terus menjaga peluang menjuarai Liga 1, secara mengejutkan kewalahan dengan permainan Perseru yang kini berada di zona degradasi.

Tanpa Boaz Solossa yang absen karena akumulasi kartu, Perseru justru unggul lebih dahulu atas Tim Mutiara Hitam. Gol Cepat Mariando Uropmatin di menit ke-7, membuat tim tuan rumah unggul sementara atas Persipura.

Tertinggal satu gol, Persipura meningkatkan intensitas serangan mereka ke gawang Perseru, hasilnya armada Wanderley Da Silva Junior sukses menyamakan kedudukan. Tembakan kaki kanan Osvaldo Haay di menit ke-28 tak bisa diantisipasi kiper Perseru, bola pun bergulir ke gawang, skor berubah sama kuat, 1-1.

Skor tidak berubah hingga babak pertama berakhir. Memasuki paruh kedua, tempo dan tensi pertandingan meningkat karena kedua tim asal Papua itu sama-sama mengejar gol untuk berbalik unggul.

Unggul di atas kertas, nyatanya Persipura kesulitan bermain di markas Perseru Serui. Tim tuan rumah kembali membalikkan keadaan, gol Ryutaro Karube di menit ke-61 membuat tim berjuluk Kuda Hitam Jingga itu unggul 2-1.

Wasit terhitung mengeluarkan tiga kartu kuning untuk kedua tim karena pelanggaran keras di babak kedua. Masing-masing untuk Ian Louis Kabes dan Mauricio (Persipura) dan Ryutaro Karube (Perseru).

Tertinggal, Persipura melakukan beberapa pergantian pemain untuk menambah daya gedor. Di menit-menit akhir babak keedua, Wanderley memasukkan Yohanes Pahabol menggantikan Prisca Womsiwor dan Marinus Wanewar juga dimasukkan untuk mengganti Osvaldo Haay, sang pencetak gol Persipura, yang ditarik keluar.

Namun pergantian pemain tak membuat Tim Mutiara Hitam mampu mencetak gol penyeimbang. Hingga wasit meniup peluti panjang tanda berakhirnya babak kedua, kedudukan tidak berubah, Perseru unggul 2-1 atas Persipura Jayapura.

Hasil tersebut membuat Persipura yang pulang tanpa poin terpaku di peringkat empat klasemen sementara dengan 56 angka. Sementara Perseru, naik satu tangga ke zona aman, yakni peringkat 15 klasemen dengan 31 poin, menggeser Semen Padang yang baru akan bermain malam nanti melawan Persija Jakarta.

845