Catat, Timnas Indonesia Akan Hadapi Negara dari Amerika Latin

Selasa, 24 Oktober 2017 17:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Skuat Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Federasi sepakbola Indonesia, PSSI kembali menyiapkan laga uji coba untuk Timnas senior Indonesia tepatnya pada bulan November mendatang. Laga uji coba tersebut renacanya akan digelar 25 November di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha dalam rilis yang diterima INDOSPORT menjelaskan, untuk laga uji coba Timnas senior nanti, lawan yang disiapkan berasal dari Amerika Latin tepatnya Amerika Selatan yakni Timnas Guyana.

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Sundulan Lerby Eliandri menjadi pembuka kran gol bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSundulan Lerby Eliandri menjadi pembuka kran gol bagi Timnas Indonesia saat melawan Kamboja. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Akan tetapi, jadwal uji coba internasional bulan depan dipastikan bukan laga resmi FIFA lantaran jadwal FIFA match day sendiri hanya berlangsung 6-14 November. Artinya tidak akan ada poin yang bisa mendongkrak posisi Indonesia di ranking FIFA.

PSSI beralasan sengaja menggelar laga di luar rentang waktu FIFA untuk memberi kesempatan kepada pemain, dan klub menyelesaikan terlebih dahulu kompetisi Liga 1 yang baru berakhir tanggal 12 November 2017. 

Hal itu tidak lepas dari ketatnya persaingan dalam perebutan gelar juara dan upaya sejumlah klub menghindari zona degradasi.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSekretaris Jenderal PSS, Ratu Tisha dalam jumpa konferensi pers.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada pemain dan klub menyelesaikan liga dengan baik. Karena itu laga pertandingan persahabatan internasional FIFA kita atur tanggal 18 dan 25 November,” kata Tisha dalam rilis PSSI.

Uji coba Timnas Indonesia Senior melawan Guyana nanti akan menjadi laga yang ke enam di tahun 2017. Sebelumnya skuat Garuda telah melawan Myanmar, dua kali melawan Kamboja, Puerto Riko, Fiji, Kamboja. 

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Lini pertahanan Kamboja direpotkan dengan performa Andik Vermansah. INDOSPORT/Herry Ibrahim Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimLini pertahanan Kamboja direpotkan dengan performa Andik Vermansah. INDOSPORT/Herry Ibrahim

Sebagai informasi, Guyana sendiri berada di pesisir utara Amerika Selatan dan saat ini berada di peringkat FIFA 165 atau sama dengan posisi Indonesia. 
 
Untuk info harga tiket dan teknis pembelian, PSSI belum memberikan keterangan resmi dan akan segera dirilis dalam waktu dekat. Diharapkan di laga uji coba internasional ini pendukung dan fans Timnas Indonesia dapat memenuhi Stadion Wibawa Mukti, Cikarang untuk memberikan dukungan maksimal kepada Skuat Garuda.

2.4K