Pabrik Mercon Meledak, Ini Kejadian Mengerikan dalam Sepakbola yang Disebabkan Petasan

Jumat, 27 Oktober 2017 06:01 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© thesun.co.uk
Sebuah petasan yang dilemparkan suporter ke arah gawang Sergio Romero saat Man United melawan Zorya Luhansk. Copyright: © thesun.co.uk
Sebuah petasan yang dilemparkan suporter ke arah gawang Sergio Romero saat Man United melawan Zorya Luhansk.

Sore kemarin sebuah pabrik pembuat petasan atau mercon meledak di kawasan Tangerang. Terkait hal tersebut, petasan atau mercon merupakan benda dengan daya ledak yang rendah. Namun tetap berbahaya dan dapat melukai orang-orang disekitarnya.

Dalam dunia sepakbola, petasan, mercon, dan benda yang memiliki daya ledak sangat dilarang keras dibawa ke dalam stadion. Baik saat pertandingan berlangsung maupun selesai laga karena dapat mengganggu jalannya laga.

Oleh karena itu INDOSPORT coba merangkum kejadian terkait bahayanya petasan atau mercon bagi orang disekitarnya di dunia sepakbola.

Suporter Meninggal Dalam Laga Indonesia vs Fiji

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/09/17) lalu, seorang suporter Indonesia bernama Catur Yuliantono meninggal dunia setelah terkena lemparan petasan dari tribune selatan stadion.

Catur sendiri berada di tribune timur stadion, lalu tiba-tiba petasan tersebut menuju kearahnya dan pria berusia 32 tahun itu tidak dapat mengihindar. Kejadian tersebut langsung diusut pihak kepolisian dan sang pelaku berhasil ditangkap.

Wasit (Hampir) Terkena Lemparan Petasan

Peristiwa ini terjadi dalam laga Spartak Moskow melawan Maribor di partai Liga Champions. Laga tersebut dipimpin oleh wasit Deniz Aytekin. Lalu entah mengapa penggemar Spartak Moskow melemparkan petasan tersebut ke dalam lapangan.

Petasan tersebut mendarat beberapa meter dari wasit Deniz Aytekin di dekat garis tengah. Tetapi petasan tersebut tidak mengenai siapapun. Atas tindakan tersebut, suporter Spartak Moscow dijatuhi hukuman oleh UEFA.

Kiper Lyon Terkena Petasan

Kejadian itu menimpa kiper Olympique Lyon Anthony Lopes pada pertandingan melawan Metz di Stade Saint-Symphorien, Sabtu (03/12/16). Entah apa motifnya para penggemar Metz melepar suar dan petasan ke dalam stadion.

Lopes saat itu sedang menerima perawatan dari tim dokter, lalu para suporter justru melemparkan petasan ke arahnya. Usai kerjadian itu, Lopes langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Selain kejadian-kejadian tadi tentu saja masih banyak peristiwa mengenai pelemparan oknum suporter ke dalam lapangan yang tidak tersekspose oleh media. Jadi, jangan coba-coba membawa benda tersebut ke dalam stadion, apalagi FIFA, secara terang-terangan, sudah melarang barang 'haram' itu ada di pertandingan sepakbola.

224