Liga 2 Indonesia

Alasan Persebaya Pagari Kapten Timnas U-19 dengan Kontrak Jangka Panjang

Senin, 30 Oktober 2017 14:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Kapten Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto nyatanya memiliki kontrak jangka panjang dengan Persebaya Surabaya. Pemain 18 tahun itu akan berseragam tim Bajul Ijo hingga 2019 mendatang.

Rupanya keputusan itu bukan tanpa alasan. Rian, sapaan akrab Rachmat Irianto, dinilai merupakan pemain muda dengan dedikasi dan kecintaan yang tinggi terhadap pekerjaanya.

© Jawa Pos
Anak dan ayah sesama pemain belakang Timnas. Copyright: Jawa PosRachmat Irianto (kiri) dan sang ayah, Bejo Sugiantoro yang sama-sama menjadi bagian dari Persebaya Surabaya.

Meski belakangan lebih sering berada di pemusatan latihan Timnas U-19, Rian disebut tidak begitu saja melepas tanggung jawabnya di Persebaya. Ketika mendapat jatah libur dari Skuat Garuda Nusantara, anak kandung Bejo Sugiantoro itu langsung kembali dan bergabung dengan skuat Persebaya untuk menjalani latihan.

"Kita salut dengan kepribadian Rian. Ketika ada libur di Timnas U-19, dia selalu pulang latihan dan dengan tim Persebaya," ujar Media Officer Persebaya, Rocky Maghbal kepada INDOSPORT.

"Umumnya pemain di usia dia, biasanya ingin libur. Tetapi dia di sela-sela itu selalu menyempatkan diri bergabung dengan tim tanpa ada yang meminta. Ini yang kita salut dengan etos kerjanya," tutupnya.

© Angger Bonda/Jawa Pos
Bek muda Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. Copyright: Angger Bonda/Jawa PosBek muda Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto.

Di sisi lain, Rian saat ini tengah bergabung dengan Timnas U-19 untuk mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan pada 31 Oktober hingga 6 November mendatang. Skuat Garuda Nusantara tergabung di Grup F bersama dengan tuan rumah, Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. 

Skuat Garuda Nusantara dihadapkan dengan cuaca dingin mencapai 11 derajat celsius begitu tiba di Negeri Gingseng. Akan tetapi, hal itu tidak menyurutkan semangat anak asuh Indra Sjafri untuk berlatih dan menargetkan hasil terbaik.

Keikutsertaan Timnas U-19 pada kualifikasi Piala Asia U-19 ini murni keinginan pelatih Indra Sjafri. Ia ingin memberikan pengalaman dan jam terbang internasional bagi pemainnya meski sudah dipastikan tampil di babak utama Piala Asia U-19 tahun depan karena Indonesia sebagai tuan rumah.

434