Liga Champions

Prediksi Olympiakos vs Barcelona: Incar Tiket 16 Besar

Selasa, 31 Oktober 2017 14:39 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Olympiakos vs Barcelona. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Olympiakos vs Barcelona.
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Olympiakos vs Barcelona (Susunan Pemain). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTOlympiakos vs Barcelona (Susunan Pemain).

FC Barcelona akan melakoni laga tandang ke markas Olympiakos di Karaskakis Stadium dalam pertandingan ke 4 fase grup Liga Champions pada Selasa malam waktu setempat atau Rabu (1/11/17) dini hari WIB.

Barcelona mengincar tiket babak knock out Liga Champions ketika menghadapi Olympiakos. Menang lawan Olympiakos akan memastikan langkah Barcelona ke babak 16 besar. Bahkan, peluang memuncaki grup D pun terbuka lebar jika Juve gagal menang melawan Sporting Lisbon.

Walau sebagai tim tamu, Blaugrana memiliki kepercayaan diri untuk bisa kembali mengalahkan juara Yunani tersebut. Pada pertemuan pertama, Barca berhasil mengalahkan Olympiakos di Camp Nou dengan skor 3-1. Kala itu, Barca bermain hanya dengan 10 pemain dan tampil mendominasi. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Olympiakos vs Barcelona (Lima Laga Terakhir). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTOlympiakos vs Barcelona (Lima Laga Terakhir).

Akhir – akhir ini, Pelatih Barca, Ernesto Valverde mengganti Formasi tradisional Barcelona (4-3-3) menjadi 4-4-2. Dengan formasi itu, Barca ada di puncak atas La Liga dan Grup D Liga Champions. Namun, dalam pertandingan nanti, kemungkinan besar Barca akan menggunakan formasi 4-3-3 mengingat penampilan gemilang Deulofeu ketika menghadapi Olympiakos minggu lalu. 

Barca sendiri tampil bukan tanpa persoalan. Banyak pemain andalannya yang akan absen seperti Gerard Pique (kartu merah) serta cederanya Andres Iniesta, Ousman dembele, Rafinha, Aleix Vidal dan Arda Turan. Sementara itu, ada lagi 2 pemain yang diragukan tampil yaitu Vermaelen dan Javier Mascherano akibat sakit. 

Iniesta absen disebabkan oleh cedera paha. Padahal di pertandingan pertama menghadapi Olympiakos, ia tampil sebagai Man of The Match.  Walau banyak yamg absen, Valverde memiliki sejumlah pilihan di lapangan tengah seperti Andre Gomes dan Denis Suarez.

Dengan absennya iniesta, Lionel Messi diperkirakan akan dipaksa turun lebih ke dalam ke lini tengah untuk menggantikan peran playmaker berusia 33 tahun tersebut. 

Sementara itu Olympiakos masih belum meraih satu poin pun sampai pertandingan ke 3 fase grup Liga Champions. Hasil yang berbalik ketimbang prestasinya musim lalu yang berhasil menembus babak 16 besar Liga Eropa. Juara Yunani ini pun belum menunjukan penampilan konsisten di Liga Lokal Yunani. 

Olympiakos hanya mampu menang 2 dari 5 laga terakhir yang dijalani dengan sisahnya berakhir kekalahan. Teranyar, tim ini kalah dari Panathinaikos dalam laga bertajuk derby Athena.
 
Jalannya pertandingan nanti diprediksi tak akan jauh seperti pertandingan pertama di mana Barca tampil mendominasi di semua lini. Tekanan supporter tuan rumah yang memenuhi stadion tak akan begitu berpengaruh terhadap Lionel Messi cs. Kemenangan dengan skor besar pun sangat mungkin terjadi. 

Walau begitu, Barca mesti mewaspadai kemampuan kiper dari Olympiakos yang tampil cukup baik dengan melakukan banyak penyelamatan di pertandingan sebelumnya. Jika ingin menang meyakinkan, maka Barca tak boleh menyia-nyiakan tiap peluang. 

Player to Watch

Lionel Messi – FC Barcelona

Lionel Messi selalu menjadi momok bagi tim-tim yang berhadapan dengan Barcelona, tak terkecuali Olympiakos. Pada pertandingan pertama melawan Olympiakos di Camp Nou, Messi mencetak satu gol dan memberikan satu assist. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Olympiakos vs Barcelona (Lionel Messi). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTOlympiakos vs Barcelona (Lionel Messi).

Sejauh ini Messi telah mencetak 15 gol dan lima assist dari 14 laga di semua kompetisi. Dengan melihat catatan ini, tentunya Messi perlu mendapat pengawalan ekstra ketat dari para pemain Olympiakos. 

Silvio Proto – Olympiakos

Proto relatif bermain apik kala menghadapi Barcelona di pertandingan pertama kedua tim di Grup D. Walau kebobolan 3 gol, kiper asal Belgia ini mampu menahan banyak peluang emas dari para pemain Barca. 2 dari tiga 3 gol yang dicetak Barca pun masing-masing disebabkan oleh gol bunuh diri dan dari bola mati (free kick). 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Olympiakos vs Barcelona (Silvio Proto). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTOlympiakos vs Barcelona (Silvio Proto).

Pengalaman dan kemampuan dari kiper gaek berusia 34 tahun ini pun diharapkan mampu setidaknya memperkecil margin gol yang akan tercipta dari serangan Lionel Messi cs. Apalagi Barca tampil tanpa sang playmaker, Andres Iniesta. Situs whoscored.com memberikan rating 8, 46 terhadap performa Proto pada pertandingan pertama di Camp Nou lalu. 

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Olympiakos vs Barcelona (Prediksi Indosport). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTOlympiakos vs Barcelona (Prediksi Indosport).
4