Fakta Membuktikan, Timnas U-19 Pantas Menang atas Timor Leste

Kamis, 2 November 2017 13:02 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Timnas U-19 Indonesia tengah bersuka cita. Mereka kembali menang besar saat melakoni Kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan. Setelah menang 5-0 di laga pertama kontra Brunei Darussalam, Egy Maulana Vikri dkk kembali menang dengan skor yang sama atas Timor Leste, Kamis (02/11/17).

Laga yang digelar di Stadion Paju Public, Paju, Korea Selatan, Timnas U-19 sempat mengalami kesulitan menjebol gawang Timor Leste sepanjang babak pertama. Padahal, peguasaan bola Timnas U-19 mencapai 77% dengan 12 kali upaya tembakan yang dilakukan sepanjang babak pertama.

Permainan Egy MV dan kolega mulai mengalami perubahan positif di babak kedua. Terlihat dari jumlah tembakan yang dilakukan Timnas U-19 yang bertambah lebih dari dua kali lipat.

Selain itu, Timnas U-19 pun mendapat tiga kali tendangan sudut di babak kedua. Lebih banyak dibanding di babak pertama yang hanya meraih 2 kali tendangan sudut. Ini menunjukkan bahwa tekanan yang dilakukan Indonesia di babak kedua lebih tinggi.

Hingga pertandingan berakhir, Tim Garuda Nusantara telah melakukan 25 kali upaya tembakan yang 7 di antaranya mengarah ke gawang. Memang tak sampai 30 persen dari total tembakan yang dilakukan. Tapi, dari 7 tembakan terarah tersebut 5 di antaranya berbuah gol. Sangat efektif.

Berbanding terbalik dengan total tembakan skuat Timor Leste yang hanya 12 kali dengan 2 di antaranya yang mengarah ke gawang.

Keunggulan Timnas Indonesia dari Timor Leste lainnya adalah dalam memenangkan duel udara. Tim Garuda Nusantara memenangi 7 duel udara, berbanding dengan 4 kali di Timor Leste.

Jadi, tidak perlu heran jika Timnas U-19 mampu menang besar atas Timor Leste. Fakta membuktikan, bahwa Tim Garuda Nusantara unggul dalam nyaris aspek dari Timor Leste.

913