Kualifikasi Piala Asia U-19

Jelang Lawan Korsel U-19, Pemain Timnas U-19 Bagikan Pengalaman di Negeri Ginseng

Sabtu, 4 November 2017 11:44 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan melakoni laga lanjutan di babak Kualifikasi Piala Asia U-19 Grup F, Sabtu (04/11/17) siang hari WIB kontra Timnas Korea Selatan. Sejak awal menginjakkan kaki di Negeri Ginseng itu, adaptasi dan penyesuaian diri menjadi hal utama yang diperhatikan oleh kontingen Indonesia.

Pasalnya, saat ini di Korea Selatan sendiri tengah memasuki musim dingin. Oleh karena itu, penyesuaian diri dengan dinginnya cuaca di Korsel itu sangat diperhatikan dengan baik.

Lewat akun Instagram resmi PSSI, @pssi_fai, salah satu anak asuh Indra Sjafri, Nurhidayat Haji Haris pun membagikan cerita mengenai pengalaman dirinya dan rekan-rekannya saat tinggal dan menetap di Korea Selatan untuk mengikuti kompetisi sepakbola tersebut.

© PSSI/Bandung Saputra.
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai cetak gol ke gawang Timor Leste U-19. Copyright: PSSI/Bandung Saputra.Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai cetak gol ke gawang Timor Leste U-19.

Dari video yang diunggah itu, Nurhidayat pun membeberkan kondisi diri dan penyesuaian saat awal-awal tiba di Negeri Ginseng. Menurutnya, saat awal tiba di negara yang tengah mengalami musim dingin itu menjadi hal berat baginya.

Namun, setelah beberapa hari berada di Korea Selatan, dirinya pun mengakui sudah bisa menyesuaikan diri dengan keadaan cuaca dingin di sana dengan lebih baik.

Lebih lanjut, Nurhidayat turut memberikan tanggapannya tentang suporter Indonesia yang ada di Korea Selatan. Dirinya mengumbar sangat senang karena di negara dengan Ibu Kota Seoul itu, ia tidak sendirian lantaran banyak sekali masyarakat Indonesia yang turut hadir ke stadion untuk memberikan dukungan.

Bertemu dengan sesama Warga Negara Indonesia (WNI) pun dimanfaatkan dengan baik oleh Nurhidayat untuk melakukan silaturahmi.

© Basri/INDOSPORT
Caption Copyright: Basri/INDOSPORTNurhidayat, pemain PSM Makassar.

Selain itu, anak asuh Indra Sjafri tersebut juga menceritakan apa saja yang dilakukan olehnya setiap kali akan melakoni laga pertandingan, yang menjadi penyemangat baginya. Sang pemain pun menyatakan bahwa dirinya selalu menelepon orang tuanya untuk menambah semangatnya sebelum bertanding.

Tidak hanya dukungan dari orang tua saja, dukungan yang diberikan oleh para masyarakat Indonesia yang dibagikan di sosial media pun turut menjadi penambah semangat Nurhidayat untuk melakoni laga pertandingan.

 

A post shared by PSSI - FAI (@pssi__fai) on

Sedikit informasi, Nurhidayat sendiri merupakan pemain andalan Timnas U-19. Skill dan performa apik yang diperlihatkan olehnya pun sempat mencuri perhatian. Seperti saat dirinya memperkuat Timnas di Turnamen Toulon 2017. Saat itu, penampilan apik dari bek milik PSM Makassar itu mampu membuat Brasil hanya menang tipis 1-0.

372