Andritany Ardhiyasa: Bola Itu Mutlak Gol

Minggu, 5 November 2017 12:41 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Andritany Ardhiyasa melakukan selebrasi pada gol Bambang Pamungkas di hadapan tribun The Jakmania. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Andritany Ardhiyasa melakukan selebrasi pada gol Bambang Pamungkas di hadapan tribun The Jakmania.

Kasus dianulirnya gol yang dicetak oleh penyerang Persib Bandung, Ezechiel N’Douassel, ke gawang Persija Jakarta nyatanya berbuntut panjang. Seperti yang kita ketahui, Persib Bandung berkunjung ke Stadion Manahan, Solo, untuk melakoni laga big match pada Jumat (03/11/17) lalu.

Dianulirnya gol Ezechiel bermula ketika tendangan sudut dilakukan oleh kubu Persib di sisi kiri pertahanan Persija. Penyerang bertubuh jangkung itu berhasil menyundul bola ke arah tanah, sebelum akhirnya mengenai jaring gawang atas Andritany Ardhiyasa.

Terlihat pada video di atas, jelas sekali bola mengenai jaring gawang. Namun sayang, wasit asal Australia, Shaun Robert Evans tak menganggapnya sebagai sebuah gol pasca hakim garis memutuskan hal tersebut bukanlah sebuah gol.

Pasca pertandingan, para netizen pun langsung membanjiri kolom komentar Instagram kiper Timnas Indonesia itu sebagai salah satu orang yang mengetahui jelas kejadian tersebut.

© Istimewa
Instagram Andritany dihujat warganet. Copyright: IstimewaInstagram Andritany dihujat warganet.

"Percuma skill bagus tapi gak jujur," tulis akun @iam_zhaan.

"Jawab bang bola kan udah masuk sportif dong....... Anda pemain timnas apa gak malu bang," tulis akun @ganjarginanjar04.

"LO EMANG GAK LIAT TADI BOLA MASUK?SPORTIF DONG!," tulis akun @syifakaamila.

Tak hanya Andritany saja, legenda Persija, Bambang Pamungkas pun turut dibanjiri komentar oleh para netizen. Hal tersebut tak lepas dari posisi Bepe, julukannya, yang berada tepat di depan gawang Andritany ketika gol tersebut terjadi.

© Istimewa
Instagram @maungtempur mendebatkan posisi Bambang Pamungkas. Copyright: IstimewaInstagram @maungtempur mendebatkan posisi Bambang Pamungkas.

"Hehehe @bepe20 ini maksudnya fairplay? :))))))," tulis akun @rizkihikmah.

"Mas @bepe20 siap jadi saksi dunia akhirat kn?," tulis akun @fickysetia.

Melihat hal tersebut, Andritany pun turut memberikan komentarnya pada artikel yang ia muat di blogsport pribadinya, andritany26.blogspot.com, melalui akun Instagram pribadinya, @andritany.

Dalam artikel tulisannya tersebut dikatakan bahwa baik dirinya maupun Bepe mengakui bahwa bola yang disundul oleh Ezechiel adalah mutlak gol. Mereka berdua pun tidak merasa bahwa mereka mengatakan bola tersebut tidak gol.

“Sampai saat ini saya, dan Bepe tidak berkata bahwa bola itu tidak gol. Bola itu mutlak gol,” ucap Andritany dalam artikel di blognya tersebut.

“Ketika saya melihat replay, semua pemain Persija menunjukkan gestur tubuh lemas, tetapi wasit tidak meniup peluit menyatakan bola gol. Dan setelah itu, pada saat pemain Persib mempertanyakan keputusan wasit, apa ada satu pemain dari Persija membantah bahwa bola tersebut tidak gol?” tambahnya.

“Ezechiel N'Douassel saat itu bertanya kepada saya, ‘goalkeeper ball it’s goal?’ Saya menjawab ‘goal, but referee have decision’. Apa yang saya katakan jujur kepada pemain tersebut,” tuturnya menjelaskan.

Sebelumnya pelatih Persija Jakarta, Stefano ‘Teco’ Cugurra, enggan memberikan komentar lebih jauh perihal kejadian tersebut. Buatnya yang lebih terpenting adalah timnya meraih kemenangan dengan meraup tiga poin.

"Biasa itu, kalau mau protes ya protes saja, saya tidak mau tahu itu. Yang pasti kami menang hari ini, soal protes ke PSSI saya tidak tahu itu," kata Teco usai laga.

"Saya tak mau tahu, kamu (wartawan) tulis besok, Persija Menang! Jakmania akan happy," katanya melanjutkan.

5K