Liga 1

Ini Tanggapan Legenda Persib Terkait Tindakan Bambang Pamungkas

Selasa, 7 November 2017 14:14 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Bambang Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Bambang Pamungkas usai mencetak gol ke gawang Semen Padang. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Mantan pemain Persib Bandung, Yudi Guntara, menilai sikap yang ditunjukan oleh striker Persija Jakarta, Bambang Pamungkas (BP) dengan membuang bola ke depan setalah bola sundulan Ezehiel N'Douassel mengenai jaring merupakan hal yang wajar.

Karena pada saat itu, BP melihat wasit tidak menyatakan sundulan Ezechiel sebagai gol, walaupun pemain berusia 37 tahun tersebut menyadari jika bola sudah masuk dan menggetarkan jaring gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa.

© Istimewa
Instagram @maungtempur mendebatkan posisi Bambang Pamungkas. Copyright: IstimewaInstagram @maungtempur mendebatkan posisi Bambang Pamungkas.

Selain itu, menurutnya sikap pemain senior Persija ini yang tidak membujuk wasit untuk mengubah keputusannya tidak bisa disalahkan. Karena jika Yudi sendiri masih menjadi pemain, ia pasti akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh BP.

"Kalau ditanya, BP itu gol atau tidak pasti kita gak akan bohong itu gol, kita harus respek dan sportif. Itu gol, memang dia (BP) sportif, komunikasinya bagus, ia sebagai pemain panutan, saya juga kalau sebagai pemain mencontoh pemain sportif," kata Yudi saat dihubungi INDOSPORT, Selasa (07/11/17).

"Memang betul apa yang dilakukan BP gak bisa apa-apa, karena keputusan itu ada di tangan pengadil lapangan," tambah pemain yang mengantarkan Persib juara Liga Indonesia I 1994/1995 tersebut.

Yudi menambahkan, protes yang dilakukan pemain Persib saat mengetahui bola sundulan Ezechiel tidak dianggap sebagai gol merupakan hal wajar, karena skuat Maung Bandung meyakini bola masuk ke dalam gawang.

© Internet
Caption Copyright: InternetYudi Guntara.

"Dan apa yang dilakukan pemain Persib saat protes ke wasit soal gol merupakan hal yang wajar, karena bola itu sudah masuk, jadi pemain pasti protes," ucap legenda Persib ini.

Keputusan wasit Evans Shaun Roberts yang tidak menganggap sundulan Ezechiel sebagai gol, menurut Yudi harus menjadi perhatian dan pembelajaran bagi Komisi Disiplin (Komdis) ataupun Komisi Wasit untuk laga selanjutnya. 

735