Liga 1

Begini Skenario Juara Liga 1 2017

Selasa, 7 November 2017 14:18 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Kompetisi Liga 1 2017 akan segera berakhir. Seluruh tim akan menjalani pertandingan pamungkas pada Minggu, 12 November nanti. Pada hari itu, baru diketahui siapa yang ditahbiskan menjadi juara Liga 1 2017.

Persaingan yang ketat di antara tim-tim papan atas, membuat penentuan juara Liga 1 harus dilakukan pada pekan terakhir. Di atas kertas, ada 3 tim yang punya kans menjadi juara. Mereka adalah Bali United, Bhayangkara FC, dan Madura United.

Sementara PSM sudah tersingkir sejak kalah dari Bali United, Senin (06/11/17). Perolehan angka Tim Juku Eja hingga pekan ke-33 hanya 62 poin. Kalaupun menang dalam laga terakhir nanti, poin maksimal yang bisa diraih PSM hanya 65, sama persis dengan raihan poin Bali United saat ini.

© Instagram/@elfvoetbalmagazine
Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick Van Der Velden. Copyright: Instagram/@elfvoetbalmagazineIrfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius, dan Nick Van Der Velden.

Menariknya, dari ketiga tim tersebut, justru akan saling berhadapan. Bhayangkara FC akan meladeni Madura United pada Rabu (08/11/17). dan kemudian giliran PSM yang menjamu Madura di Makassar, Minggu (12/11/17).

Kondisi tersebut menjadi berkah tersendiri bagi Bali United. Saat tim-tim yang peringkatnya berada di bawah mereka saling berebut poin, Laskar Serdadu Tridatu justru hanya akan menghadapi tim yang sudah pasti terdegradasi, Persegres Gresik United, pada 12 November nanti.

Dengan keunggulan 2 poin dari Bhayangkara di peringkat kedua, laga kontra Gresik United seolah sebuah "bonus" untuk melenggangkan langkah mereka ke tangga juara. Tim yang baru saja dibekuk Sriwijaya FC dengan skor mencolok 10-2 itu, diprediksi tidak akan mampu mengganjal langkah Bali United menjadi juara Liga 1 2017.

© Ian Setiawan/INDOSPORT.
Para pemain Madura United. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORT.Para pemain Madura United.

Selain unggul koleksi poin, Irfan Bachdim dkk juga punya selisih gol yang cukup tinggi. Laskar Serdadu Tridatu sudah mencetak 73 gol dan kemasukan 38 gol. Paling subur di antara kandidat juara. Bahkan paling subur di antara seluruh tim peserta Liga 1.

Keunggulan lain yang akan membuat langkah Bali United makin lempang adalah punya waktu istirahat yang cukup. Usai menang atas PSM Makassar, Bali United punya istirahat 5 hari sebelum bertemu Gresik United. Sementara Bhayangkara dan Madura masih menyisakan dua laga yang harus selesai dalam satu pekan ke depan. Selain saling berhadapan, kedua tim juga akan bertemu lawan berat yaitu PSM Makassar dan Persija Jakarta.

© Media Bhayangkara FC
Bhayangkara FC berhasil mengungguli Persiba Balikpapan dengan skor 3-2. Copyright: Media Bhayangkara FCBhayangkara FC berhasil mengungguli Persiba Balikpapan dengan skor 3-2.

Sementara Bhayangkara dan Madura sama-sama harus melakoni laga tengah pekan. Artinya, kebugaran mereka saat menjalani laga pamungkas tidak terlalu fit dibanding Bali United.

Dengan kata lain, saat ini Bali United memang berada di pole position untuk memastikan diri sebagai juara Liga 1. Karena mereka hanya berlari sendiri saat rival-rivalnya masih saling sikut hingga pekan penutup Liga 1 selesai dijalani.

Namun, bisa saja Bali United terpeleset di laga terakhir. Sehingga membuka peluang bagi Bhayangkara dan Madura United menelikung di tikungan terakhir.

Bali United juara jika:

1. Menang atas Persegres, dan Bhayangkara kalah dalam satu dari dua laga tersisa.

2. Imbang dengan Persegres, Bhayangkara tak meraih kemenangan di dua laga tersisa.

3. Kalah dari Persegres, Bhayangkara imbang dengan Madura United dan kalah dari Persija.

4. Kalah dari Persegres, Bhayangkara kalah dari Madura United dan Persija, lalu Madura United ditaklukkan PSM.

Bhayangkara FC juara: 

1. Menang di dua laga tersisa.

2. Dikalahkan Madura United, menang atas Persija, dan Bali United ditahan Persegres. 

3. Sekali imbang lawan di dua laga terakhir, Bali United kalah dari Persegres.

Madura United juara jika jika:

1. Menang atas Bhayangkara dan PSM, lalu Bali United kalah dari Persegres. Jika Bhayangkara juga mengoleksi 66 poin, Madura United masih unggul dalam head to head.

2. Menang atas Bhayangkara dan PSM, Bali United kalah dari Persegres, dan Bhayangkara ditaklukkan Persija.

611