Liga 1

3 Kandidat Pemain Terbaik Liga 1, Tak Ada Nama Pesepakbola Lokal!

Rabu, 8 November 2017 12:11 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Sepakan penalti dari Sylvano Comvalius Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Sepakan penalti dari Sylvano Comvalius

PT LIB telah memutuskan tiga nama pemain yang berhak masuk nominasi sebagai pemain terbaik Liga 1 2017. Tiga pemain yang berhak masuk ke dalam nominasi tersebut ialah Willem Jan Pluim (PSM Makassar), Paulo Sergio Moreira Goncalves (Bhayangkara FC), dan Sylvano Dominique Comvalius (Bali United).

Ketiga nominasi itu secara khusus dinilai dan dipilih oleh  tim Technical Study Group (TSG) PT. Liga Indonesia Baru. Namun dari tiga nominasi pemain terbaik itu, tak ada satu pun wakil dari pesepakbola local yang tampaknya memenuhi kualifikasi menjadi calon pemain terbaik.

"Bukan hanya sebagai individu. Penilaian pemain terbaik juga didasarkan pada pengaruhnya terhadap tim. Ya, tak sekadar permainannya menonjol, tapi pemain terbaik pun harus mampu memberikan dampak positif bagi tim, mampu tampil konsisten di level teratas, memiliki leadership, semangat dan antusias tim, menjadi role model tim, dan membawa timnya ke puncak prestasi," ujar Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, dalam rilis resmi PSSI.

© Instagram@SylvanoComvalius
Marquee Player Bali United, Sylvano Comvalius. Copyright: Instagram@SylvanoComvaliusMarquee Player Bali United, Sylvano Comvalius.

Beberapa aspek yang menjadi dasar penilaian bagi nominasi pemain terbaik di antaranya ialah skill, kontribusi, pengaruh, dan perilaku. Sebagai cataran, ketiga pesepakbola yang masuk dalam nominasi pemain terbaik menjadi actor penting di balik kegemilangan klub mereka masing-masing musim ini.

Pluim tercatat menyumbangkan 11 gol dan 9 assist untuk PSM, Paulo Sergio mengemas 9 gol dan 9 assist untuk Bhayangkara FC, sementara Comvalius menjadi top skor sementara dengan 35 gol. 

Rencananya, penganugerahan pemain terbaik Liga 1 akan dilakukan dalam satu ajang malam penghargaan. Selain pemain terbaik, TSG PT LIB juga akan memilih Pemain Muda terbaik Go-Jek Traveloka Liga 1 2017. 

"Awarding Night Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 dijadwalkan berlangsung di Jakarta pada 20 November 2017," ujar Chief Operation Officer PT LIB, Tigor Shalom Boboy.

Deretan pesepakbola muda pun masuk dalam nominasi calon pemain muda terbaik Go-Jek Traveloka Liga 1. Mereka ialah  M. Rezaldi Hehanusa (Persija Jakarta), Septian David Maulana (Mitra Kutai Kartanegara), dan Muhammad Arfan (PSM Makassar).

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi bek kiri Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa memberi umpan ke arah pertahanan Persegres. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTAksi bek kiri Persija Jakarta, Rezaldi Hehanusa memberi umpan ke arah pertahanan Persegres. Herry Ibrahim/INDOSPORT
229