Liga 1

Malam Ini, Gelar Juara Liga 1 Bisa Jatuh ke Bhayangkara FC

Rabu, 8 November 2017 14:57 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi penyerang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic usai mencetak gol pertama. Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi penyerang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic usai mencetak gol pertama. Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Keputusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI yang memberikan kemenangan 3-0 Bhayangkara FC (BFC) atas Mitra Kukar membuat penentuan juara Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 bisa saja tidak diputuskan pada pekan terakhir. Namun, malam ini.

Tim berjuluk The Guardian tersebut saat ini menempati peringkat pertama dengan nilai 65. Poin yang sama dimiliki oleh Bali United, yang bercokol di posisi kedua.

Namun bedanya, BFC memiliki simpanan dua pertandingan. Sedangkan Serdadu Tridatu, julukan Bali United, tinggal menyisakan satu partai lagi melawan Persegres Gresik United pada 12 November mendatang.

Malam ini, BFC akan melakoni partai tunda pekan ke-31 melawan Madura United (MU) di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Partai tersebut tidak boleh dihadiri penonton merujuk dari hukuman yang diterima tuan rumah dari Komdis PSSI.

The Guardian dapat menggondol gelar juara tanpa menunggu pertandingan terakhir melawan Persija Jakarta pada 12 November, andai, mereka menang melawan MU. Sebab dengan tambahan tiga poin, BFC unggul tiga angka dari Bali United serta sama-sama menyisakan satu partai pamungkas.

Dengan keunggulan tripoin, BFC otomatis sudah berstatus sebagai juara apapun hasil pertandingan Bali United melawan Persegres. Meski nantinya Serdadu Tridatu menang di laga terakhirnya, serta poin mereka sama di angka 68, BFC unggul secara head to head dengan Bali United.

Merujuk dari regulasi Pasal 15 ayat 4 poin B yang berbunyi; Apabila terdapat 2 Klub atau lebih memiliki jumlah nilai yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan pertemuan kedua Klub (head-to-head), selisih gol, jumlah gol memasukkan, dan undian. Dari dua kali pertemuan pada musim ini, BFC menyapu bersih bentrokan melawan Bali United.

Pada putaran pertama saat bertandang ke Pulau Dewata, BFC unggul 3-1. Adapun saat menjamu Serdadu Tridatu di Bekasi, The Guardian menang 3-2.

Jadi, malam ini sudah siap pesta penggemar Bhayangkara FC?

260