Kalah Agregat 0-1 dari Swedia, Italia Tinggalkan Piala Dunia 2018!

Selasa, 14 November 2017 05:01 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Gianluigi Buffon meluapkan emosinya pasca kegagalan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Gianluigi Buffon meluapkan emosinya pasca kegagalan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Babak I

Kedua tim sudah bermain sangat ketat sejak peluit pertama ditiupkan. Italia sebagai tuan rumah pun bermain sangat menyerang dari awal laga namun sayang lini pertahanan Swedia masih sangat disiplin sehingga serangan pertama Azzuri hanya berakhir dengan tendangan gawang.

Di menit ke 8 Italia sempat membuat kesempatan untuk tendangan pinalti kala Parolo dijatuhkan oleh pemain Swedia namun sayang wasit menganggap itu hanya aksi diving, kartu kuning pertama untuk Azzuri ketika Chiellini memprotes wasit.

© INDOSPORT
Italia vs Swedia. Copyright: INDOSPORTItalia vs Swedia.

Bermain sama keras membuat kedua tim bermain kurang hati-hati, jika saja wasit melihat hands-ball yang terjadi di kotak pinalti Italia, bukan tidak mungkin Swedia berhasil memimpin skor hanya di menit 12.

Kubu Swedia harus kehilangan pahlawan mereka di leg pertama, Johansson, karena mengalami cidera ketika berbenturan dengan pemain Italia di menit 19 yang membuat dirinya harus ditandu keluar lapangan dan digantikan oleh Svensson.

Bernafsu untuk memenangkan laga dan lolos ke Rusia, Italia melakukan segalanya di lapangan hijau, termasuk bermain keras dan sangat tidak menjunjung fair play. Di menit 22, Italia telah mengkoleksi 2 kartu kuning.

© INDOSPORT
Italia vs Swedia. Copyright: INDOSPORTChiellini berjibaku dengan pemain Swedia.

Italia sempat membuat serangan yang berpotensi menjadi gol saat Immobile berhasil mengecoh penjaga gawang dengan umpan datar nya ke kanan gawang, namun sayang Gabbiadini masih berada jauh di belakang dan bola pun jatuh ke kaki Parolo yang menendang bola terlalu kencang dan melayang ke atas mistar gawang.

Menit 30, Swedia sudah mencatatkan 2 kali kesempatan mendapat pinalti setelah bola mengenai tangan dari pemain Italia, sayang wasit lagi-lagi tidak melihat pelanggaran tersebut dan hanya memberi kartu kuning untuk Forsberg yang melakukan protes terhadap wasit.

Belum genap pertandingan berjalan 35 menit, wasit sudah mengeluarkan total 4 kartu kuning, untuk Chiellini, Barzhagli, Johansson, dan Forsberg

© INDOSPORT
Italia vs Swedia. Copyright: INDOSPORTChiellini menjaga pemain Swedia.

Menit 40 Italia kembali hampir mencetak skor kala Immobile lepas dari jebakan offside Swedia dan tendangannya mengarah tepat ke gawang Swedia yang tidak dijaga kiper, namun sayang laju bola dialihkan oleh pemain belakang Swedia ke sisi kiri gawang.

Lima menit terakhir dengan 3 menit injury time di babak pertama, Italia banyak melakukan serangan ke sisi pertahanan Swedia namun tembok yang dibangun oleh hampir seluruh pemain Swedia berhasil menghalang gempuran serangan Azzuri. Skor 0-0 bertahan hingga jeda turun minum.

Babak II

Babak kedua baru dimulai satu menit, kontroversi kembali terjadi saat Darmian tersungkur saat berbenturan dengan pemain belakang Swedia di kotak pinalti. Namun hal tersebut tidak dianggap oleh wasit sebagai sebuah pelanggaran.

Selama 60 menit laga berjalan, Swedia terlihat lebih lebih banyak bertahan mengingat mereka telah unggul 1-0 di leg pertama, dan Swedia pun lebih banyak memanfaatkan serangan balik cepat ke lini belakang Italia.

© INDOSPORT
Italia vs Swedia. Copyright: INDOSPORTGiampiero Ventura meratapi anak asuhnya yang mengalami cedera.

Berbanding terbalik dengan tim tuan rumah yang lebih sering membangun serangan dari lini tengah mereka.

Masuknya El Shaarawy nampaknya sangat berpengaruh terhadap serangan-serangan Azzuri. Hingga pertengahan babak kedua, Italia telah mencatatkan 4 tembakan tepat sasaran ke arah gawang sementara Swedia hanya mencatat 1 tembakan.

Hingga menit ke 85 gempuran-gempuran Gli Azzuri masih terus bisa dihadang oleh para pemain Swedia yang amat disiplin menjaga kotak pinalti mereka dari bola serangan Italia.

El Shaarawy tidak diragukan lagi menjadi seorang super-sub meski hingga menit ke 88 Italia belum berhasil membobol gawang Swedia, pemain keturunan Mesir tersebut berhasil membuat perbedaan yang signifikan di lini serang Italia.

Sampai menit kelima injury time di babak kedua berakhir, Italia mendapat banyak sekali kesempatan serta tendangan sudut. Namun peluang tersebut tidak mampu diolah dengan maksimal oleh para anak asuh Giampiero Ventura.

Peluit panjang tanda berakhirnya laga pun ditiupkan. Dan umtuk pertama kali setelah 60 tahun, Italia gagal tampil di gelaran Piala Dunia.

Susunan pemain:

Italia (3-5-2): 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 6-Antonio Candreva, 18-Marco Parolo, 8-Alessandro Florenzi, 7-Jorginho, 4-Matteo Darmian; 11-Ciro Immobile, 23-Manolo Gabbiadini.

Pelatih: Gian Piero Ventura (Italia)

Swedia (4-4-2): 1-Robin Olsen; 2-Mikael Lustig, 4-Andreas Granqvist, 3-Victor Lindelof, 6-Ludwig Augustinsson; 17-Viktor Claesson, 7-Sebastian Larsson, 13-Jakob Johansson, 10-Emil Forsberg; 9-Marcus Berg, 20-Ola Toivonen.

Pelatih: Janne Andersson (Swedia)

345