Koleksi 31 Gol, FIFA Tak Akui Lukaku Sebagai Pencetak Gol Terbanyak Belgia

Kamis, 16 November 2017 08:04 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
© INDOSPORT
Romelu Lukaku saat membela Timnas Belgia. Copyright: © INDOSPORT
Romelu Lukaku saat membela Timnas Belgia.

Romelu Lukaku rupanya harus kembali menunggu untuk menjadi pencetak gol terbanyak Timnas Belgia, meski Federasi Sepakbola Belgia (KBVB) telah menyatakan dirinya sebagai pemegang rekor.

Seperti diketahui, Lukaku baru saja mengantarkan Belgia meraih kemenangan atas Jepang dengan skor 1-0 pada Rabu (15/11/17).

Satu gol tersebut rupanya menjadikan striker Manchester United ini sebagai pencetak gol terbanyak Belgia sepanjang masa, dengan torehan 31 gol. Ia mampu melampaui rekor yang dipegang Voorhoof dan Van Himst sebagai pencetak gol terbanyak Belgia dengan total 30 gol.

"Romelu Lukaku sekarang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Selamat Big Rom!," kicau akun Twitter resmi milik KBVB.

Namun ternyata rekor yang dipegang Lukaku itu tidak diakui oleh Federasi Sepakbola Dunia, FIFA. Alasannya, 3 dari 31 gol yang telah dicetaknya dianggap tidak sah.

Tiga gol tersebut adalah ketika pemain berusia 24 tahun itu mencetak hattrick saat Belgia bertemu Luksemburg dalam laga uji coba pada 2014 lalu, yang berakhir dengan skor 5-1.

Ternyata laga uji coba itu tidak diakui oleh FIFA. Pasalnya, Belgia ketika itu melakukan tujuh kali pergantian pemain, lebih satu pemain dari peraturan FIFA. Dengan demikian, pertandingan dan semua yang terjadi di sana tidak diakui oleh FIFA.

Artinya, Romelu Lukaku masih harus mencetak tiga gol lagi untuk meraih predikat pencetak gol terbanyak sepanjang masa Tim Nasional Belgia. 

Kemungkinan besar hal itu bisa terjadi pada 2018, mengingat Belgia memiliki sejumlah pertandingan persahabatan dan laga di Piala Dunia Rusia 2018.

1.6K