LIGA 1

Blak-blakan, Dua Eks Pelatih Persib Bongkar Peran Umuh Muchtar

Selasa, 21 November 2017 18:19 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Gita Agiet/INDOSPORT.
Manajer tim Persib Bandung, Umuh Muchtar. Copyright: © Gita Agiet/INDOSPORT.
Manajer tim Persib Bandung, Umuh Muchtar.

Dua mantan pelatih yang menangani Persib Bandung di Liga 1 musim lalu, yakni Emral Abus dan Djajang Nurjaman, akhir buka suara terkait sepak terjang Umuh Muchtar selaku manajer tim Maung Bandung.

Sebelumnya beredar kabar kalau Umuh adalah sosok yang mendominasi tim, melebihi pelatih. Hal itu diungkap oleh mantan pemain Persib, Carlton Cole kepada Goal Internasional.

Cole menyebut kalau Umuh terlalu ikut campur tangan di dalam tim, sampai soal pemilihan pemain untuk bertanding.

Namun, hal tersebut telah dibantah. Emral memastikan, tak ada intervensi yang dilakukan oleh Umuh selama ia menjadi pelatih Persib di Liga 1. Namun, bila memberikan saran, Umuh memang sering melakukannya.

© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Emral Abus. Copyright: Muhammad Ginanjar/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Emral Abus.

"Setahu saya Pak Umuh itu orang yang baik, baik kepada pemain. Beliau sebetulnya juga gak seperti itu (intervensi). Beliau menyarankan iya. Wajar kalau menyarankan, bukan memaksakan," kata Emral, seperti dikutip dari Liputan6.

Senada dengan Emral, Djanur sapaan karib Djajang Nurjaman juga sempat membantah kalau Umuh intervensi tim. Hal itu ia sampaikan saat masih menjabat sebagai pelatih Persib.

"Saya klarifikasi, selama ini ada anggapan bila manajer Persib selalu intervensi tim pelatih. Kenyataanya tidak seperti yang dituduhkan," kata Djanur saat jumpa pers usai laga Persib Bandung kontra Persiba Balikpapan, di Stadion GBLA, Bandung, (11/06/17).

©
Caption Copyright: Djajang Nurjaman saat masih menjadi pelatih Persib.

Namun, belakang ketika dimintai konfirmasi terbaru terkait pernyataan Cole, Djanur enggan memberikan komentarnya. "Saya minta maaf. Kalau pertanyaan mengarah ke sana, saya tak bisa menjawabnya." jawabnya singkat.

Sejak menjabat manajer Maung Bandung, nama Umuh Muchtar memang tak bisa diabaikan dalam kesuksesan Persib meraih gelar juara ISL 2014. Berkat tangan dinginnya, Persib memiliki manajemen yang baik dan menjadi salah satu klub profesional di Indonesia.

1K