LIGA 1

Komdis Putuskan Persib Kalah 0-3 dari Persija, PT LIB Berikan Penjelasan

Kamis, 23 November 2017 17:27 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris PT Liga Indonesia Tigorshalom Boboy (kanan) dalam acara Diskusi Santai PSSI Pers. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretaris PT Liga Indonesia Tigorshalom Boboy (kanan) dalam acara Diskusi Santai PSSI Pers.

Kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 memang telah berakhir sejak dua minggu lalu. Namun, beberapa insiden masih terus dibahas di ranah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi.

Hasil laga pekan ke-33 antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung berubah. Awalnya, partai berakhir dengan kemenangan 1-0 tuan rumah. Namun, Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menganulirnya.

© Tribun Solo
Suasana laga Persija vs Persib. Copyright: Tribun SoloLaga Persija vs Persib yang sempat terhenti.

Pada partai itu, Komdis melihat Persib terbukti mogok bertanding ketika pertandingan memasuki menit ke-83. Oleh sebab tersebut, tim berjuluk Pangeran Biru itu dianggap walk out dan kalah 0-3.

Dari hasil sidang Komdis pada 7 November lalu yang bernomor 2017 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017, Persib divonis menolak melanjutkan pertandingan. Selain itu, Pangeran Biru juga dijatuhkan denda uang sebesar Rp200 juta.

Keputusan yang baru beredar tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan. Kenapa hasil sidang pertandingan yang telah selesai tiga pekan yang lalu itu baru ada keputusannya?

PT LIB lalu memberikan penjelasan. Komdis, kata PT LIB, pada akhirnya memberikan hukuman tambahan untuk Persib.

"Mengenai sanksi mogok itu kan awalnya Komdis sudah menjatuhi berupa hukuman kepada manajer Persib karena dianggap mengajak pemain untuk menghentikan pertandingan dan hukuman kepada salah satu pemainnya juga yang terkena kartu merah itu (Vladimir Vujovic)," ujar Chief Operating Officer (COO) Tigorshalom Boboy ketika dihubungi wartawan.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSkuat Persib Bandung.

"Nah, berdasarkan sidang Komdis terakhir, sudah diputuskan bahwa ada hukuman tambahan bagi Persib dan putusan itu menyatakan bahwa Persib dianggap kalah 0-3 dari Persija," katanya menambahkan.

Sebelumnya, Komdis telah mengganjar hukuman kepada Umuh Muchtar, manajer Persib. Pria berkumis itu disanksi larangan beraktivitas sepak bola dalam kegiatan di lingkungan PSSI selama enam bulan dan denda Rp50 juta.

Berikut hasil sidang Komisi Disiplin 7 November 2017:

1. Persib Bandung 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017
Nama kompetisi: Liga 1 2017
Pertandingan: Persija Jakarta vs Persib Bandung
Tanggal kejadian: 3 November 2017
Jenis pelanggaran: Tim – Menolak melanjutkan pertandingan.
Hukuman: Sanksi kalah 0-3 dan denda Rp200 juta.

698