Tembus Piala Dunia 2018, Arab Saudi Berhentikan Pelatihnya

Kamis, 23 November 2017 10:32 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Gabriel Rossi/LatinContent/Getty Images
Edgardo Bauza baru saja dipecat oleh Federasi Sepakbola Arab Saudi. Copyright: © Gabriel Rossi/LatinContent/Getty Images
Edgardo Bauza baru saja dipecat oleh Federasi Sepakbola Arab Saudi.

Timnas Arab Saudi secara resmi tak lagi dinahkodai pelatih asal Argentina, Edgardo Bauza. Mantan pelatih Timnas Argentina tersebut didepak dalam waktu yang cukup singkat. Mengingat, dirinya baru mengemban tugas di Arab Saudi pada September lalu.

Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) memberhentikan Bauza karena dianggap tak membawa perubahan besar kepada Timnas. Dari lima laga yang Bauza jalani, dirinya berhasil mengantongi dua kemenangan dan tiga kekalahan secara beruntun.

Dalam laga uji coba tersebut, tim berjuluk Green Falcons ini kalah 0-3 atas Ghana, Potugal (0-3), dan Bulgaria (0-1). Hasil ini membuat pihak Arab Saudi ragu dengan kualitas Bauza untuk mengarungi Piala DUnia 2018 mendatang.

“Keputusan pemecatan Bauza diambil demi kepentingan timnas Arab Saudi. Kami sangat berharap banyak di Piala Dunia,” tulis pernyataan resmi SAFF.

© footynions.com
Suporter Timnas Arab Saudi Copyright: footynions.comSuporter Timnas Arab Saudi

Green Falcons memang sudah dinyatakan lolos ke Piala Dunia 2018 sebelum Bauza menduduki kursi kepelatihan. Arab Saudi juga menaruh harapan tinggi kepada pelatih yang pernah menjuarai Piala Libertadores tersebut.

Namun, kinerja Bauza belum mampu memuaskan publik Arab Saudi. Hal ini membuat dirinya kehilangan pekerjaan sebanyak dua kali saat menangani tim Asia. Sebelumnya, Bauza juga sempat menukangi Uni Emirat Arab selama empat bulan.

Dirinya mengundurkan diri dari jabatannya setelah gagal membawa Uni Eimrat Arab ke Piala Dunia 2018. Dia memutuskan hal tersebut setelah hanya menjalani empat laga dengan hasil dua kali menang. Sisanya, Bauza mendapatkan hasil satu kali imbang dan satu kali kalah.

1K