Timnas U-23 vs Guyana: Cetak Berapa Gol, Spaso?

Kamis, 23 November 2017 15:51 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Indonesia vs Guyana. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Prediksi Indonesia vs Guyana.
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesia vs Guyana (Susunan Pemain). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndonesia vs Guyana (Susunan Pemain).

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 akan melakoni pertandingan uji coba ketiga sepanjang bulan ini. Setelah dua kali melawan Suriah U-23, kesebelasan berjuluk Garuda Muda tersebut bakal berjumpa Guyana pada Sabtu (25/11/17) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Kedua Timnas yang akan berlaga di partai nanti memiliki kekuatan yang seimbang. Sebab, Timnas U-23 dan Guyana sama-sama bercokol di urutan ke-165 pada peringkat terbaru FIFA per 16 Oktober 2017.

Timnas U-23 tidak dapat menurunkan skuat terbaiknya pada partai nanti. Bek kiri Rezaldi Hehanussa masih belum sembuh dari cedera hamstring.

Adapun kondisi gelandang Evan Dimas Darmono mulai membaik. Pemain yang tengah dibidik klub Liga Super Malaysia, Selangor FA tersebut sempat bermasalah pada lutunya.

Timnas U-23 berkekuatan 24 pemain melawan Guyana. Termasuk satu pemain senior. Yaitu, Spasojevic.

Pelatih Timnas U-23, Luis Milla Aspas bakal mengandalkan Ilija Spasojevic pada skema permainan kesukaanya. Yaitu, 4-2-3-1. Melawan Guyana, kemungkinan bakal menjadi partai kedua penyerang naturalisasi tersebut di Timnas.

Laga uji coba kedua tim nanti merupakan yang pertama kali. Sebelumnya, Timnas U-23 tidak pernah bertemu Guyana dalam turnamen apapun.

Menantang Timnas U-23, Guyana berkekuatan 19 pemain. Sebagian dari penggawanya berkarier di luar negeri.

Pelatih Guyana, Wayne Dover menuturkan bahwa pemainnya rata-rata berusia 20 tahun. Dari 19 pemain, dua di antaranya sebagai kiper, lima bek, tujuh gelandang, dan lima penyerang.

Guyana datang ke Indonesia dengan modal apik. Si Jaguar Emas, julukannya, berhasil menahan imbang kesebelasan yang jauh berada di atasnya secara ranking FIFA, Trinidad dan Tobago (83) dengan skor 1-1 pada 15 November lalu.

Guyana bertekad mengalahkan Timnas U-23. Pasalnya, kemenangan akan menjadikan Jaguar Emas mencatatkan hasil positif melawan negara di luar kawasan Amerika.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesia vs Guyana (Lima Laga Terakhir). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndonesia vs Guyana (Lima Laga Terakhir).

Player to Watch

Ilija Spasojevic (Timnas U-23)

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesia vs Guyana (Ilija Spasojevic). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndonesia vs Guyana (Ilija Spasojevic).

Spaso tentu bertekad mendulang gol pada partai keduanya bersama Timnas setelah dinaturalisasi. Apalagi, tinggal dirinya sendiri pemain senior yang menguni skuat Garuda Muda.

Pada partai debutnya melawan Suriah, 18 November lalu, Spaso kurang beruntung. Mendapat beberapa peluang, bomber Bhayangkara FC tersebut gagal mencetak gol.

Sheldon Holder (Guyana)

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesia vs Guyana (Sheldon Holder). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndonesia vs Guyana (Sheldon Holder).

Masih berusia 26 tahun, Sheldon Guyana sudah jadi tumpuan Guyana di lini depan. Dari 26 pertandingan bersama Si Jaguar Emas, pemain Morvant Caledonia United FC di Liga Trinidad dan Tobago itu berhasil mencatatkan tujuh gol.

Pada partai uji coba terakhir Guyana melawan Trinidad dan Tobago, Holder sukses mencetak satu gol. Partai itu berkesudahan 1-1.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Indonesia vs Guyana (Prediksi Indosport). Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTIndonesia vs Guyana (Prediksi Indosport).
302