Media Vietnam Sebut Cristian Gonzales Pesepakbola Paling Berbahaya se-Asia Tenggara

Jumat, 24 November 2017 07:39 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© Indosport/Ian Setiawan
Cristian Gonzales Copyright: © Indosport/Ian Setiawan
Cristian Gonzales

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi telah memutuskan pengganti Indra Sjafri sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Nama yang ditunjuk cukup mengejutkan.

Pria yang juga menjabat sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut memilih asisten pelatih Timnas U-23 dan senior, Bima Sakti Tukiman. Ditemani oleh penyerang Arema FC, Cristian Gonzales sebagai asisten pelatih.

Khusus Gonzales, penunjukkan pemain yang biasa disebut El Loco ini jelas tak sembarangan. Masih lekat dalam bayangan pecinta bola Indonesia, dia mencetak 5 gol alias quintrick dalam laga leg kedua semi final Piala Presiden 2017. Suami dari Eva pula lah yang membawa tim-nya memenangkan ajang tersebut pada Maret lalu.

Tak hanya itu, meski pada Piala AFF 2016 dirinya tidak ikut bermain, namun salah seorang wartawan dari Vietnam terang-terangan mengaguminya. Dia bahkan bercerita jika publik di sana jatuh cinta dan kesengsem berat oleh Gonzales, demikian seperti dilansir dari viva.co.id. 

© twitter@bolabanget
Cristian Gonzales (Arema FC). Copyright: twitter@bolabangetCristian Gonzales (Arema FC).

Malah pemain naturalisasi asal Uruguay itu dijuluki paling berbahaya di Asia Tenggara. "Kami (media massa) Vietnam menjulukinya sebagai Johnnie Walker," ujar Duc Nguyen, wartawan asal Vietnam ketika bertugas ke Indonesia untuk meliput leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong.

Seperti diketahui, Johnnie Walker merupakan merek minuman wiski asal Skotlandia yang cukup ternama dan 'berusia' namun masih memabukkan. Demikian pula El Loco. Duc malah terkejut ketika diberitahu jika pria kelahiran Uruguay, 30 Agustus 1976 itu masih aktif bermain untuk Arema. "Betulkah dia masih bermain? Kenapa tidak dipanggil timnas? Dia adalah salah satu striker menakutkan milik Indonesia," ungkap Duc saat itu.

Karenanya, dengan banyak prestasi dan keistimewaan bakat Gonzales yang pernah ditunjukkan di dunia sepakbola Indonesia, wajar jika ketua PSSI pun percaya padanya untuk menangani Timnas U-19. Kita lihat saja sepak terjang El Loco yang 'menggila' untuk Egy Maulana Vikri dkk.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Penyerang Arema FC, Cristian Gonzales saat mengontrol bola. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTPenyerang Arema FC, Cristian Gonzales saat mengontrol bola.
3.7K