Valencia 1-1 Barcelona: Jordi Alba Selamatkan Muka Azulgrana

Senin, 27 November 2017 04:45 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Abdurrahman Ranala
© Alex Caparros/Getty Images
Bek sayap Barcelona, Jordi Alba. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Bek sayap Barcelona, Jordi Alba.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick off, Barcelona terus memberikan permainan menekan. Namun hal itu masih bisa diatasi oleh pemain belakang Valencia.

Laga baru bejalan dua menit, Paulinho sudah memberikan ancaman. Namun sayang sepakannya masih bisa ditepis Neto.

Bermain di kandang sendiri membuat anak asuh Marcelino García Toral tidak takut dengan perlawanan Barca. Simone Zaza dkk mampu memberikan pressing yang nampaknya menyulitkan pemain Blaugrana.

Peluang didapatkan oleh tim tuan rumah melalui Rodrigo Moreno di menit 7. Namun sayang tendangannya masih bisa diblok Umtiti.

Beberapa kali para pemain dari kedua tim melancarkan serangan namun belum ada yang berbuah menjadi angka. Pada menit ke-30, sepakan Messi yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh Neto dan meluncur ke gawang. Bola tersebut terlihat sudah melewati garis gawang sebelum dibuang Neto. Namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut. Barcelona pun gagal membuka keunggulan.

Beberapa kali Messi mendapatkan peluang untuk mencetak angka pertama bagi timnya, tetapi tidak bisa dimanfaatkan dengan baik olehnya.

Hingga paruh babak pertama selesai, tidak ada gol yang tercipta.

Babak Kedua

Valencia mengambil alih permainan di babak kedua. Di menit 51, Valencia hampir membuka keunggulan. Namun sepakan keras dari Simone Zaza masih melenceng dar gawan Ter Stegen.

Lima menit berselang, tuan rumah kembali mengancam. Upaya Guedes yang sudah berhadapan langsung dengan Ter Stegen masih bisa digagalkan kiper Jerman tersebut.

Valencia akhirnya membuka keunggulan di menit ke-60. Umpan yang diberikan  José Luis Gayá Peña mampu dikonversikan menjadi gol oleh Rodrigo Moreno lewat sontekannya. 1-0 Valencia memimpin.

Tertinggal satu gol membuat Blaugrana terus-menerus tampil menekan. Luis Suarez yang berhadapan dengan Neto usai menerima umpan Messi gagal dikonversi menjadi gol lantaran penyerang Uruguay itu sudah terlanjur offside.

20 menit menjelang pertandingan berakhir, Barcelona mulai menyerang dengan sporadis. Messi dan kawan-kawan mencoba segala cara untuk segera menyamakan angka. Namun tetap saja, tidak ada gol yang tercipta.

Barcelona akhirnya mampu menyamakan kedudukan tepatnya di menit ke-82. Berawal dari umpan terukur Lionel Messi, Jordi Alba sukses menjebol gawang mantan timnya lewat sepakan kaki kiri. 1-1 skor sama kuat.

Saat kedudukan berubah menjadi 1-1, kedua tim pun sama-sama tak mau kalah. Saling membalas serangan pun diciptakan oleh mereka yang membuat suporter yang memadati Estadio Mestalla menjadi tegang.

Sayangnya, usaha dari Valencia maupun Barcelona tak ada yang membuahkan gol hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim

Valencia (4-4-2): Neto; Montoya, Garay, Gabriel, Gaya; Guedes, Kondogbia, Parejo, Soler; Zaza, Moreno.

Pelatih: Marcelino García Toral 

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Vermaelen, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Paulinho, Messi, Suarez.

Pelatih: Ernesto Valverde

1.3K