Gelar 7 Event Piala AFF, PSSI Siapkan 3 Daerah Ini Jadi Tuan Rumah

Selasa, 28 November 2017 22:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© affsuzukicup
Trofi Piala AFF Suzuki Cup 2016. Copyright: © affsuzukicup
Trofi Piala AFF Suzuki Cup 2016.

Pada 2018 mendatang, Indonesia dipercaya oleh federasi sepakbola Asia Tenggara atau AFF untuk menggelar tujuh agenda besar di ajang sepakbola khususnya Piala AFF, selain Asian Games dan juga Piala Asia U-19 yang sebelumnya sudah disetujui.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menjelaskan tujuh event tersebut adalah Piala AFF Futsal, AFF Futsal Klub, Piala AFF U-16 dan U-19, Piala AFF Women U-16 dan Senior, hingga Soccer Beach. 

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Waketum PSSI, Joko Driyono. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimWaketum PSSI, Joko Driyono.

Karenanya, PSSI sudah membidik sejumlah daerah yang dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah, membantu menggelar even tersebut. Akan tetapi, ada beberapa cabang yang belum bisa diputuskan lantaran ada berbagai pertimbangan.

"Secara keseluruhan memang belum ditentukan tempatnya. Tapi yang jelas misalkan untuk beach soccer bisa di Bali, sepakbola wanita akan di gelar di Palembang dan untuk futsal, Jakarta dan Yogyakarta ada opsi tersebutm," jelas Joko Driyono.

Lebih lanjut, Jokdri- sapaan Joko Driyono menyatakan  Indonesia mendapat sejumlah keungtungan dengan bertindak sebagai tuan rumah pada tujuh event tersebut. Hal yang menjadi tujuan utama adalah bagaimana even itu membantu membangun sepakbola nasional terutama dari sektor perkembangan industri. 

"Indonesia akan memanfaatkan ini untuk beberapa kepentingan. Pertama football development sendiri, tidak hanya dari aspek teknis tapi juga pengelolaan event dan SDM event, serta perangkat lain kita manfaatkan," urai pria berkaca mata tersebut.

© Instagram @pssi_fai
Persiapan Timnas Wanita U-15 Indonesia. Copyright: Instagram @pssi_fai Timnas Wanita U-15 Indonesia akan bermain di Piala AFF 2018.

"Kita memaksimalkan seluruh pecinta sepakbola ini bahwa akan ada pertandingan di 2018. Kita ingin momentum itu kita pakai. Kita ingin sepakbola di indonesia juga bisa menjadi event men-drive industri dan ini menjadi tantangan sendiri," tutupnya.

1.1K