Legenda Chelsea Dukung Bendera 'Pelangi' Berkibar di Piala Dunia 2018

Jumat, 1 Desember 2017 15:50 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
© INDOSPORT
LGBT dalam tribun penonton. Copyright: © INDOSPORT
LGBT dalam tribun penonton.

Para pendukung yang hadir dalam setiap laga di Piala Dunia 2018, oleh pemerintah Rusia, diperbolehkan untuk mengibarkan bendera pelangi yang menjadi bentuk propanda anti-diskriminasi yang dicanangkan negara tersebut. 

Pihak organisasi persatuan sepakbola Rusia dan duta Piala Dunia, Alexei Smertin mengungkapkan bahwa aksi pengibaran bendera pelangi tersebut takkan berpengaruh pada hukum Rusia soal propaganda kelompok minoritas homoseksual. 

© firstpost
Alexei Smertin Copyright: firstpostAlexei Smertin

"Tidak akan ada larangan untuk menggunakan simbol pelangi di Rusia. Jelas bahwa anda bisa datanng ke sini dan tidak terbebani untuk mengekspresikan perasaan kalian," ungkap Smertin, dilansit Inquirer.net, usai konferensi pers di Moskow dalam pembahasan soal isu diskriminasi di sepakbola.

Bekas pemain timnas Rusia tersebut bahkan menambahkan bahwa para fans gay tak mungkin mengatakan bahwa hukum tersebut menjadi sebuah alat propaganda bagi mereka yang gay dan kelompok minoritas lainnya di Rusia. 

© Fifa.com
Suporter Piala Dunia 2018 Rusia. Copyright: Fifa.comSuporter Piala Dunia 2018 Rusia.

Rupanya, gayung bersambut. Dimana pernyataan dan keputusannya mantan pemain Chelsea tersebut diterima dengan baik oleh jaringan FARE, pihak yang menjadi penasehat FIFA soal isu diskriminasi yang beredar dalam sepakbola dunia. 

Rusia sendiri melakukan pengundian untuk 32 negara finalis yang lolos ke Piala Dunia 2018. Pengundian tersebut juga turut dibuka dengan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow, Rusia pada Jumat (01/12/2017) ini.

134