Di Atas Lapangan Becek, Indonesia Unggul 3-1 dari Mongolia di Babak I

Senin, 4 Desember 2017 22:29 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Selebrasi Ilija Spasojevic. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Selebrasi Ilija Spasojevic.

Timnas Indonesia menjamu Timnas Mongolia, dalam laga lanjutan Aceh World Solidarity Cup 2017. Bermain di atas lapangan yang penuh dengan air lumpur, anak asuh Luis Milla berhasil unggul 3-1 di babak pertama.

Babak Pertama

Adanya hujan yang terjadi sebelum pertandingan dimulai, membuat lapangan di Stadion Harapan Bangsa terdapat genangan air di beberapa lokasi. Namun, hal tersebut tak menyurutkan kedua tim untuk bertanding di lapangan yang penuh dengan lumpur tersebut.

Jalannya pertandingan pun didominasi oleh Timnas Indonesia. Pada menit 4, serangan balik kilat Indonesia dipimpin oleh Febri dari sisi kiri, yang mana mengirim umpan bola langsung kepada Spaso. Sayang, beceknya lapangan membuat pemain Bhayangkara FC itu tidak mampu menahan lama bola di kakinya, karena langsung dihalau oleh musuh.

Hingga pada akhirnya di menit 7 Indonesia berhasil membuka keunggulan. Bek kanan berparas tampan, Gavin Kwan, berhasil menyambar bola liar pasca tendangan sudut yang dilakukan oleh Febri. 1-0 Indonesia memimpin.

Unggul satu gol tak membuat para pemain Timnas mengendurkan serangan. Timnas Mongolia bahkan harus berjibaku dengan lumpur di tanah, serta kecepatan yang ditunjukkan oleh para pemain Timnas.

Pada menit 17, seorang Osvaldo Haay bahkan harus dikepung hingga enam pemain Mongolia saat mencoba melakukan serangan balik. Kemampuannya dalam mengolah bola menjadikan dirinya sebagai pemain Indonesia yang dikepung oleh para pemain Mongolia.

Di menit 25, Haay menunjukkan dirinya pantas dijaga ketat oleh para pemain Mongolia. Pasalnya, ia berhasil menjebol gawang Mongol, pasca menerima sodoran Spaso hasil umpan lambung Febri Hariyadi. 2-0 Indonesia menjauh.

Mongolia berusaha membalas, dengan tendangan penalti pasca pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Indonesia di jantung pertahanannya sendiri di menit 38. Munk-Erdene yang menjadi algojo, berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. 2-1 Mongolia berusaha mengejar.

Tak berselang lama, giliran Indonesia yang berhasil mendapatkan penalti atas pelanggaran yang dilakukan oleh para pemain Mongolia di kotak penalti mereka, di menit 47. Spaso yang menjadi eksekutor pun melakukan tugasnya dengan baik. Sebelumnya, pemain kelahiran Montenegro ini sempat menghapus lumpur yang membuat titik putih tak terlihat. 3-1 Indonesia unggul di babak pertama.

Berikut starting XI kedua tim:

Indonesia: Satri Tama; Fachruddin, Hansamu Yama, Gavin, Ricky; Hanif, Evan Dimas, Febri, Saddil, Osvaldo; Spasojevic.

Mongolia: Batsaikhan; Orkhon, Daginaa, Normoo, Galt, Batturdavaajav; Tsagaantsooj, Ser Od Yanjiv, Munkh-Erdene; Oyunbat, Naranbold. 

2.6K