Spesifikasi Bus Persib yang Bikin Jokowi Kesengsem untuk Resmikan Tol Soroja

Selasa, 5 Desember 2017 13:46 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Kehadiran Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) di Bandung, Senin (04/12/17) kemarin memang mengundang perhatian cukup besar. Bukan karena beliau adalah orang nomor satu di negeri ini. Tapi karena Jokowi memilih menggunakan bus milik Persib Bandung dalam acara resmi tersebut.

Saat ditanya apakah dia seorang Bobotoh hingga memilih untuk menggunakan bus Persib, Jokowi menjawab singkat, "Ya karena busnya bagus."

© Pikiran Rakyat
Interior bus Persib yang dominan warna biru. Copyright: Pikiran RakyatInterior bus Persib yang dominan warna biru.

Pendapat Jokowi memang tidak salah. Bus Persib Bandung ini termasuk salah satu bus klub Indonesia yang modern. Menggunakan mesin Hino RN series bermesin 7.684 cc, bus ini mampu menghasilkan tenaga 285 dk serta torsi 892 Nm. Cukup kuat di kelasnya.

Digabung dengan rakitan karesori Laksana yang memiliki konsep All New Legacy SR-2 HD Prime. Konsep ini mengedepankan kenyamanan sekaligus kecanggihan. Desainnya memang cukup futuristis.

Bus dengan panjang 11,6 meter, lebar 2,45 meter, dan tinggi 2,02 meter ini sebenarnya mampu menampung 59 kursi. Namun, atas nama kenyamanan para pemain dan ofisial Maung Bandung, tempat duduk di dalam bus dipangkas menjadi 44 kursi saja plus satu toilet .

Sementara pintu masuk penumpang ada di bagian depan dan tengah yang menggunakan jenis pneumatic door.

© @autputzer
Bus Persib Bandung. Copyright: @autputzerBus Persib Bandung.

Memasuki bagian kabin, dominasi warna biru sudah pasti akan terlihat. Mulai dari lantai, bagasi, jok semuanya disapu dengan warna biru khas Maung Bandung. Tak cukup itu saja, sektor pencahayaan di dalam kabin pun diatur dengan menggunakan Advance Lega Light System yang mempunyai empat tema kontrol warna.

Untuk tambahan kenyamanan skuat Persib, dipasang TV LED 30 inci di bagian depan dan ukuran 22 inci di bagian tengah. Kedua televisi tersebut melengkapi pemutar DVD dan tata suara 8 buah speaker dan satu subwoofer.

Dengan segala kelengkapan tersebut, bus Persib Bandung ini memang merupakan perpaduan kenyamanan dan kecanggihan. Tak heran jika Presiden Jokowi mau memakai bus ini untuk kegiatan resminya.

2.7K