Liga Europa

Arsenal 6-0 BATE: The Gunners Terlalu Perkasa!

Jumat, 8 Desember 2017 05:01 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Arsenal sekebrasi usai cetak gol ke gawang BATE. Copyright: © INDOSPORT
Arsenal sekebrasi usai cetak gol ke gawang BATE.

Babak I

Arsenal bermain di atas angin pada awal babak pertama. Bermain di depan pendukungnya sendiri, tim berjuluk The Gunners tersebut langsung tampil menekan. Terbukti, pada menit ketiga Mohamed Elneny sukses mengejutkan pertahanan BATE lewat sepakan kaki kirinya.

Momen tersebut bermula dari Mathieu Debuchy yang memberikan umpan ke dalam kotak penalti dari sisi kanan. Sayang, tendangan Elneny hanya membentur tiang gawang.

Laga pun sempat berhenti sejenak akibat sepakan setengah voli Theo Walcott menghantam wajah Nemanja Milunovic. Namun nampaknya Milunovic bisa melanjutkan pertandingan meski sedikit menahan sakit.

Tak lama kemudian, Arsenal berhasil membuka keunggulan lewat gol Debuchy. Pemain asal Prancis tersebut memanfaatkan bola liar di depan gawang BATE. Bola meluncur deras ke pojok tiang dan mengubah skor menjadi 1-0.

Unggul satu angka nampaknya belum memuaskan Arsenal. Mereka terus memberikan serangan-serangan berbahaya. Kali ini giliran Olivier Giroud yang menjadi ancaman bagi BATE. Memanfaatkan umpan talenta muda Arsenal, Ainsley Maitland-Niles, sundulan Giroud pun hanya berbuah sepak pojok.

Permainan Maitland-Niles pun terbilang sangat baik pada pertandingan ini. Berkat kehadirannya, membuat sisi kiri pertahanan The Gunners menjadi hidup. Ia kerap kali memberikan kontribusi dalam serangan Arsenal.

Pada menit ke-26, Arsenal bisa saja menambah keunggulan lewat sepakan Walcott. Namun kegemilangan kiper Denis Scherbitsky di bawah mistar, membuat skor tak berubah.

Arsenal pun berhasil menggandakan keunggulannya lewat sepakan Walcott di sisi kanan. memanfaatkan intersep yang kurang sempurna dari bek BATE, Walcott pun tak menyia-nyiakannya menjadi gol. Skor pun bertambah menjadi 2-0 untuk Arsenal.

Jelang turun minum, Jack Wilshere sukses berselebrasi setelah sepakan keras kaki kirinya tak mampu ditahan Scherbitsky. Hal itu bermula dari aksi Walcott yang mencoba menerobos pertahanan BATE. Namun dirinya memilih memberi bola ke Wilshere yang dikepung beberapa pemain bertahan BATE. Arsenal pun menyudahi interval pertama dengan keunggulan 3-0.

Babak II

BATE mencoba bangkit di awal babak kedua ini. Mereka mencoba bermain cepat dan memanfaatkan bola mati. Namun, David Ospina masih sigap di bawah mistar dan mengamankan bola dengan baik.

Asyik menyerang, BATE malah kembali tertinggal 4-0 dari tuan rumah Arsenal. Gol tersebut tercipta setelah pemain bertahan BATE, Dzianis Polyakov, gagal menyapu bola dengan baik. Bola pun malah mengarah ke gawangnya sendiri.

Sepuluh menit berselang, pelanggaran dilakukan Milunovic kepada Walcott di kotak terlarang. Sang pengadil pun tak berpikir panjang memberikan hadiah penalti untuk Arsenal.  

Arsenal kembali menambah pundi-pundi golnya setelah Giroud berhasil mengeksekusi penalti dengan sempurna. Meski harus sempat diulang, Giroud sukses menyelesaikan tugasnya dikesempatan kedua. Dirinya menempatkan bola ke sisi yang sama dari tendangan pertamanya dan mengubah skor menjadi 5-0.

Pada menit ke-74, The Gunners berhasil mengubah skor menjadi 6-0 lewat lengkungan indah Elneny. Memanfaatkan sodoran bola dari kapten pengganti, Wilshere. Elneny yang tanpa penjagaan pun mengonversikannya menjadi gol.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada gol tambahan tercipta pada laga ini. Skor 6-0 untuk kemenangan Arsenal pun menghiasi laga terkahir mereka di penyisihan grup Liga Europa musim ini.

381