Tak Lagi Besut Timnas U-19, Indra Sjafri Dirikan Akademi Sepakbola di Karawang

Selasa, 12 Desember 2017 16:24 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Eks pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, dirikan Akademi Sepakbola di Karawang, Jawa Barat. Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamaksyari, berharap hadirnya Indra Sjafri bisa membuat sepak bola di Karawang lebih maju.

"Kami akan mendidik anak-anak Karawang yang ingin menjadi atlet sepak bola," kata Indra Sjafri saat jumpa pers di Swiss Bell Inn Hotel, Karawang, Senin (11/12/17).

Pelatih asal Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini mengaku tertarik tawaran dari sang Wakil Bupati untuk mendidik talenta muda berbakat Karawang.

Nantinya Indra Sjafri akan menyaring 24 bibit pemain dari klub sepakbola di setiap kecamatan, lalu akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni U-17 dan U-19.

Dalam pembicaraan langsung INDOSPORT dengan Indra Sjafrie sore ini (12/12/17), beliau juga menegaskan akademi sepakbola seperti ini juga akan dibangun didaerah lainnya. Namun dirinya belum bisa memberi tahu kota mana saja yang menjadi target selanjutnya.

"Tunggu dulu aja, nanti bakal ada kota selanjutnya," tegasnya.

© kompas.com
Indra Sjafrie dan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari Copyright: kompas.comIndra Sjafrie dan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari

Pemain yang akan masuk dalam akademi sepakbola ini tak akan dipungut bayaran. Semua biaya kegiatan akademi sepakbola akan ditanggung oleh klub Persika Karawang yang diatur oleh manajemen.

Memang rencananya para bibit-bibit muda dari kota industri ini akan dibentuk untuk membangun Persika Karawang. Targetnya, pemerintah karawang akan menembus Liga 1 dalam beberapa tahun kedepan.

15