Liga Inggris

Manchester City 4 - 1 Tottenham Hotspur: City Perpanjang Rekor Kemenangan Beruntun

Minggu, 17 Desember 2017 03:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT
Gundogan merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur. Copyright: © INDOSPORT
Gundogan merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur.

Manchester City berhasil mendapatkan tiga angka kala menjamu klub asal London, Tottenham Hotspur, di Etihad Stadium pada pekan ke-18 Liga Inggris, Minggu (17/12/17) dini hari WIB. Tak tanggung-tanggung, pasukan Pep Guardiola mencukur Tottenham dengan skor 4-1. 

Gol-gol Man City dicetak oleh Gundogan (14'), De Bruyne (70'), serta R. Sterling (80' dan 89'). Sementara itu gol tim tamu dicetak di penghujung laga oleh Eriksen (92').

Babak I

Tottenham berani tampil menyerang dengan menekan pertahanan Man City di babak pertama. Serangan-serangan ini dibangun oleh Eriksen maupun Son. Namun, tekanan di awal ini masih bisa dipatahkan Man City. 

Memasuki menit ke-10, Man City akhirnya menemukan pola permainan dan berhasil keluar dari tekanan. Sundulan Aguero di menit ke 9 melalui umpan De Bruyne hampir mencetak mengoyak gawang Lloris. 

Gol yang ditunggu tuan rumah tercipta di menit 14 melalui sundulan Gundogan dalam skema umpan sepakan pojok. 

Selepas gol Gundogan, permainan pun berjalan seru karena kedua belah pihak bermain terbuka. Namun, sampai akhir babak pertama, tidak ada lagi gol tercipta. 

Babak II

Babak kedua berjalan lebih seru. Tottenham berusaha mengimbangi permainan terbuka City. Di awal babak kedua , Spurs bermain lebih agresif dan mencegah Man City untuk mendapatkan bola melalui umpan-umpan cepat. Namun, apa daya, justru Spurs kembali kebobolan melalui aksi penetrasi ke depan gawang oleh Kevin De Bruyne di menit ke 70'. Skor menjadi 2-0 untuk tuan rumah.

Man City mendapat hadiah penalti di menit 75 setelah De Bruyne dijatuhkan.  Akan tetapi, sang eksekutor, Gabriel Jesus, gagal menjalankan tugasnya. 

Kegagalan penalti akhirnya terbayar melalui gol Raheem Steerling di menit 80' setelah mendapat umpan dari Sane. City pun semakin memperlebar jarak. 

Raheem Sterling lagi-lagi menjadi mimpi buruk bagi Tottenham. Ia kembali mencetak gol 10 menit kemudian setelah menerima umpan terobosan. Sterling berhasil melewati hadangan kiper Tottenham dan langsung menceploskan bola ke gawang. 

Kemasukan 4-0 gol tak lantas membuat Tottenham lesu. Di menit 92, Eriksen berhasil memperkecil ketertinggalan melalui aksi individu dengan tendangan datar tajam ke arah pojok gawang yang tak bisa digapai kiper Man City. 

Laga dengan cuaca dingin di kota Manhester City tersebut pun berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Manchester City. Secara keseluruhan, Mancheseter City menguasai bola 57 persen, sementara Tottenham 43 persen. 

Hasil ini semakin mengokohkan City di klasemen sementara Liga Inggris sekaligus menambah rekor kemenangan beruntun mereka di 16 pertandingan. 

Susunan Pemain 

Man City XI: Ederson, Walker, Otamendi, Mangala, Delph, Fernandinho (c), Gundogan, De Bruyne, Sane, Sterling, Aguero

Tottenham XI: Lloris (C), Trippier, Dier, Vertonghen, Rose, Dembele, Winks, Eriksen, Dele, Son, Kane. 

10