Liga Spanyol

Sebelum Real Madrid, Barcelona Berikan Penghormatan untuk Tim Ini

Selasa, 19 Desember 2017 15:56 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Skuat Barcelona. Copyright: © Getty Images
Skuat Barcelona.

Barcelona baru-baru ini menolak memberikan ‘Guard of Honour’ kepada rival abadi mereka Real Madrid saat keduanya dipertemukan pada akhir pekan nanti. Hal ini pun cukup menuai pro dan kontra jelang laga bertajuk El Clasico tersebut.

‘Guar of Homour’ sendiri dilakukan ketika sebuah tim mendapatkan trofi dari salah satu kompetisi bergengsi. Ketika mereka melanjutkan laga di liga domestik, maka tim tersebut akan mendapatkan penghormatan dari sang lawan menjelang pertandingan dimulai.

© Real Madrid
Real Madrid saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017. Copyright: Real MadridReal Madrid saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017.

Kali ini, Real Madrid yang akan mendapatkan sebuah penghargaan dari tim La Liga setelah berhasil menjadi juara di Piala Dunia Antarklub 2017. Kebetulan, Barcelona menjadi lawan selanjutnya bagi Real madrid di kasta tertinggi sepakbola Spanyol.

Namun, Barcelona tidak berniat untuk melakukan tradisi yang sudah cukup lama ada di dunia sepakbola tersebut. Pihak Barcelona berkeberatan untuk memberikan penghomatan pada laga bertajuk El Clasico nanti. Pasalnya, Barcelona tidak berada dalam kompetisi yang telah dimenangkan Real Madrid.

“Kami memperjelas bahwa kami hanya melakukan ini (Guard of Honour) saat kami berpartisipasi dalam kompetisi (Piala Dunia Antarklub) tersebut. Ketika kami bersaing dalam kompetisi itu kami akan melakukannya,” kata Direktur Barcelona, Gullermo Amor.

Namun, Barcelona rupanya pernah memberikan ‘Guard of Honour’ kepada Sevilla yang berhasil memenangkan Piala Europa tahun 2006 silam. Padahal, saat itu Barcelona tidak ikut dalam kompetisi yang dimenangkan oleh Sevilla tersebut.

© Bola
sevilla Copyright: BolaBarcelona berikan 'Guar of Honour' untuk Sevilla.

Tapi, Blaugrana tetap memberikan penghormatan kepada sang lawan saat bertandinga di La Liga. Karena memang Sevilla pantas mendapatkan penghargaan usai mengharumkan nama Spanyol di kancah Eropa.

Jika melihat kondisi tersebut, seharusnya tidak ada alasan bagi Barcelona untuk meninggalkan tradisi yang sudah tertanam di dunia sepakbola itu. Pasalnya, Real Madrid memang layak mendapatkan seremonial penghormatan dari tim La Liga. 

153