Bola Internasional

Tomas Rosicky Resmi Pensiun di Tengah Musim

Rabu, 20 Desember 2017 19:08 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Tomas Rosicky resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola di tengah musim 2017/2018 ini. Sebelumnya, Rosicky sempat bergabung dengan salah satu klub sepakbola asal Ceko, Sparta Praha.

Dilansir dari situs resmi Sparta Praha, Rosicky resmi mengumumkan pensiun dirinya melalui konferensi pers hari ini, Rabu (20/12/17) dengan alasan fisik yang sudah tidak bisa lagi untuk bermain sepakbola.

"Setelah mempertimbangkan dengan saksama, saya menyadari bahwa saya tidak dapat lagi memaksakan tubuh saya untuk bermain di dunia sepakbola profesional. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Sparta karena telah membesarkan saya, karena menjadi langkah pertama dalam karier saya di klub-klub besar, dan karena mengizinkan saya untuk mengucapkan selamat tinggal di tempat yang paling saya cintai," kata Rosicky dilansir dari situs resmi klub.

Pemain yang pernah 10 tahun membela Arsenal ini memang memulai awal kariernya di Sparta. Setelah itu Rosicky bergabung bersam Borussia Dortmund di tahun 2001 hingga tahun 2006, kemudian pindah ke Emirates sampai 2016 lalu, dan berakhir di Sparta tahun ini.

© Internet
Caption Copyright: InternetTomas Rosicky

Rosicky memulai kariernya di Sparta pada tahun 1988 lalu. Dia telah menjadi bagian penting dari tim yang bermarkas di Generali Arena tersebut.

Akun twitter resmi Arsenal, @Arsenal, juga mengucapkan salam perpisahannya kepada Rosicky.

"Kita semua akan kehilangan Anda di lapangan, Little Mozart (panggilan Rosicky)," tulis Arsenal di Twitter resminya tersebut.

Bersama Dortmund ia pernah meraih Bundesliga di tahun 2002. Sedangkan saat berkostum Arsenal, Rosicky berhasil bawa The Gunners menangkan dua kali Piala FA. Di tim nasional Ceko, Rosicky berhasil mencatatkan 105 penampilan dan mencetak 23 gol.

67