Bola Internasional

Bayern Munchen 2-1 Borussia Dortmund: BVB Belum Juga Bangkit

Kamis, 21 Desember 2017 04:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund Copyright: © INDOSPORT
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund

Babak Pertama

Bayern Munchen langsung membuka laga dengan permainan menyerang mereka menekan Borussia Dortmund. Terus menekan sejak menit pertama, Bayern mendapat peluang emas pertamanya dimenit ke-11 saat sepakan Robert Lewandowski mengenai tiang.

Tidak lama setelah peluang tersebut, Bayern Munchen mampu mencetak gol pertama mereka lewat tandukan Jerome Boateng pada menit ke-12. Niklas Sule yang menyambut tendangan bebas James Rodriguez dengan sundulan, harus kecewa tandukannya menghantam tiang. Namun, bola liar tersebut disambut oleh Jerome Boateng yang tanpa penjagaan dan berbuah gol untuk tim tuan rumah.

Tertinggal di awal pertandingan, membuat Borussia Dortmund lebih berhati-hati dalam membangun serangan. Terlalu berhati-hati, Dortmund malah kembali tertekan oleh kecepatan yang dimiliki lini serang Bayern Munchen. Tim asuhan Jupp Heynckes terus-terus menggempur pertahanan Dortmund hingga menit ke-20an.

Lima menit sebelum babak pertama berakhir, alih-alih menyamakan kedudukan, Dortmund malah kembali kebobolan. Pada menit ke-40, sebuah congkelan yang luar biasa dari Thomas Muller mampu mengubah skor menjadi 2-0.

45 menit pertama pun berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk Bayern Munchen, dengan penguasaan bola sebesar 57%. Dortmund harus ekstra kerja keras jika ingin mengalahkan Bayern di laga ini, dengan ketertinggalan dua gol.

Babak Kedua

Bayern Munchen kembali menekan sejak babak kedua dimulai. Ribery kembali mengancam pertahanan Borussia Dortmund dengan pergerakan lincah yang merepotkan.

© INDOSPORT
Bayern Munchen vs Borussia Dortmund Copyright: INDOSPORTBayern Munchen vs Borussia Dortmund

Bayern Munchen terus mendominasi jalannya babak kedua dengan permainan umpan pendek dari satu pemain ke pemain lain. Borussia Dortmund terus berusaha untuk mencuri bola dari kaki-kaki para pemain Bayern. Namun, setiap mendapat bola dan kesempatan untuk melakukan serangan, serangan Dortmund selalu berakhir sia-sia di pertahanan Bayern.

Hingga pada menit ke-77, Andriy Yarmolenko berhasil mencetak gol balasan untuk Borussia Dortmund. Memanfaatkan umpan cantik dari Shinji Kagawa, Yarmolenko yang berada di depan gawang menyambutnya dengan tandukan keras. Ulreich tidak mampu menghalau bola dan kedudukan menjadi 2-1, masih keunggulan untuk Bayern Munchen.

Setelah kebobolan, Bayern Munchen menjadi lebih berhati-hati guna menghindari hasil imbang memasuki menit ke-80. Terlihat, Borussia Dortmund nampak mengambil alih pertandingan dengan terus menggempur wilayah Bayern. Pada menit ke-85, kedua tim masing-masing memiliki penguasaan bola 50%.

Memasuki menit-menit terakhir, Borussia Dortmund terus melancarkan serangan demi mencari gol penyeimbang. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda laga berakhir, kedudukan bertahan 2-1 untuk keunggulan Bayern Munchen. Laga pun dimenangkan oleh Bayern Munchen yang berhak lolos ke babak selanjutnya.

Bayern Munchen lolos ke babak perempatfinal DFB-Pokal yang akan dimainkan pada awal Februari 2018 nanti. Sementara undian babak perempatfinal akan dilakukan pada tanggal 7 Januari 2018 mendatang.

Susunan Pemain

Bayern Munchen: S. Ulreich; J. Kimmich, J. Boateng, N. Sule, D. Alaba; J. Martinez, J. Rodriguez, Arturo Vidal, T. Muller, F. Ribery; R. Lewandowski

Borussia Dortmund: R. Burki; O. Toprak, S. Papastathopoulos, M. Bartra; M. Schmelzer, R. Guerreiro, Julian Weigl, J. Toljan; S. Kagawa, A. Yarmolenko, C. Pulisic

57