Bola Internasional

Didominasi Thailand, Ini Daftar Klub Asia Tenggara yang Sudah Punya Lisensi AFC 2018

Kamis, 21 Desember 2017 20:10 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Sebuah klub sepakbola, selain berkompetisi di negaranya masing-masing (domestik) juga berpeluang untul tampil di ajang yang lebih tinggi, yakni melawan klub-klub dari negara lain.

Contohnya seperti yang terjadi di Eropa. Manchester United, selain mengikuti kancah Liga Primer Inggris, mereka juga rutin mengikuti ajang Liga Champions, yang diikuti oleh klub-klub terbaik negara di kawasan Eropa.

Hal itu pun juga berlaku di Asia. Setiap tahunnya, AFC selaku ibunya organisasi sepakbola di benua Asia rutin menggelar laga Liga Champions Asia, yang mempertemukan klub-klub dari negara yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

 

LISENSI AFC Daftar klub di Asean yang mendapatkan Lisensi AFC 2018 (Asian Champions League dan AFC Cup): 1. INDONESIA (5) Bali United, Persija, Madura United, Arema, Persib 2. MALAYSIA (3) Johor Darul Takzim, Pahang FA, Selangor FA 3. THAILAND (8) Buriram, Muangthong Utd, Bangkok Utd, Bangkok Glass, Chonburi, Ratchaburi Mitr Phol, Sukhothai, Chiangrai Utd 4. VIETNAM (5) Ha Noi FC, FLC Thanh Hoa, Than Quang Ninh, SHB Da Nang, Song Lam Nghe An 5. SINGAPURA (6) Balesthier Khalsa FC, Geylang Internasional, Home United, Hougang United, Tampiners Rovers, Warrior FC 6. FILIPINA (4) Ceres Negros FC, Global Cebu FC, Kaya FC-Makati, FC Merako 7. MYANMAR (3) Shan United, Yangoon United, Yadanarbon FC Lisensi untuk tampil di AFC Cup saja: 8. KAMBOJA (6) PKRSR FC, Boeung Ket FC, Naga World FC, National Defense Military FC, Phnom Penh Crowl FC, Combodian Tiger FC 9. LAOS (1) Lao Toyota FC 10. BRUNEI (0) 11. TIMOR LESTE (0) Gimana menurut kalian? Masih lebih banyak daripada Malaysia.. Hehee #indonesia #malaysia #Thailand #vietnam #singapura #filipina #kamboja #myanmar #brunei #afc #lisensi Source:AFC

A post shared by Pengamat Sepakbola 🔵 (@pengamatsepakbola) on

Namun, untuk bisa tampil di ajang tersebut ada persyaratan khusus, selain wajib menempati peringkat tertinggi di kompetisi domestik. Syarat itu adalah wajib memiliki Lisensi AFC.

Lisensi itu sendiri bisa didapatkan apabila klub yang bersangkutan memenuhi persyaratan sesuai aturan AFC terkait pengembangan olahraga, infrastruktur, administrasi, hukum, dan juga badan keunangan.

Lisensi AFC ini sendiri selalu berubah-rubah setiap tahun. Maksudnya, bila tahun ini sebuah klub mendapat Lisensi AFC, belum tentu tahun berikutnya ia merasakan hal yang sama.

Nah, untuk tahun ini, tercatat ada 41 klub asal negara kawasan Asia Tenggara yang sudah memiliki Lisensi AFC dan berlaku hingga 2018 mendatang. Ke-41 klub itu pun nantinya bisa mengikuti kompetisi di regional Asia.

Dari Indonesia, setidaknya terdapat lima klub yang telah memiliki Lisensi AFC. Mereka adalah Bali United FC, Persija Jakarta, Madura United FC, Arema FC, dan Persib Bandung.

Sementara Thailand menjadi negara yang paling mendominasi klub yang sudah memiliki Lisensi AFC, yakni delapan klub. Sementara Brunei Darussalam dan Timor Leste sayangnya masih belum memiliki klub yang sudah berlabel Lisensi AFC.

Berikut INDOSPORT sajikan daftar klub di Asean yang mendapatkan Lisensi AFC 2018 (Asian Champions League dan AFC Cup:

1. Indonesia (5)
Bali United, Persija Jakarta , Madura United, Arema FC, Persib Bandung.

2. Malaysia (3)
Johor Darul Takzim, Pahang FA, Selangor FA.

3. Thailand (8)
Buriram, Muangthong Utd, Bangkok Utd, Bangkok Glass, Chonburi, Ratchaburi Mitr Phol, Sukhothai, Chiangrai Utd.

4. Vietnam (5)
Ha Noi FC, FLC Thanh Hoa, Than Quang Ninh, SHB Da Nang, Song Lam Nghe An.

5. Singapura (6)
Balesthier Khalsa FC, Geylang Internasional, Home United, Hougang United, Tampiners Rovers, Warrior FC.

6. Filipina (4)
Ceres Negros FC, Global Cebu FC, Kaya FC-Makati, FC Merako.

7. Myanmar (3)
Shan United, Yangoon United, Yadanarbon FC.

Lisensi untuk tampil di AFC Cup:

1. Kamboja (6)
PKRSR FC, Boeung Ket FC, Naga World FC, National Defense Military FC, Phnom Penh Crowl FC, Combodian Tiger FC.

9. Laos (1)
Lao Toyota FC.

84