Liga Spanyol

El Clasico Dipimpin Wasit Favorit Real Madrid?

Sabtu, 23 Desember 2017 17:56 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Sanchez Martinez. Copyright: © INDOSPORT
Sanchez Martinez.

Pria yang bernama lengkap Jose Maria Sanchez Martinez, ini berasal dari Spanyol. Ia belum genap setahun menyandang status wasit Internasional FIFA.

Laga klasik yang mempertemukan Real Madrid dan Barcelona ini dipastikan akan berjalan panas. Mengingat kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan guna menunjang misi khususnya masing-masing. Barcelona ingin tiga poin agar tak terkejar oleh Valencia dan duo Madrid, sedangkan Los Blancos berambisi memangkas jarak dengan rival abadinya tersebut. 

Menariknya, di laga krusial ini pihak penyelangara justru memilih wasit yang terbilang minim pengalaman. Tercatat, wasit yang baru berusia 34 tahun itu baru bergabung dengan La Liga Spanyol pada musim 2015/2016 dan baru resmi menjadi wasit internasional FIFA bulan Januari 2017 lalu.

© INDOSPORT
Sanchez Martinez memimpin laga El Clasico. Copyright: INDOSPORTSanchez Martinez memimpin laga El Clasico.

Merujuk data statistik dari Soccerbase, pada musim ini Sanchez Martinez sudah mengeluarkan 45 kartu kuning dan satu kartu merah. Dua di antara kartu kuning tersebut dikeluarkan pada saat laga El Clasico, di Bernabeu, Kamis (17/8/17) lalu. Saat itu, Los Blancos berhasil mengangkat trofi Piala Super Spanyol 2017.

Dari hasil pengamatan INDOSPORT, pada beberapa laga yang dipimpin Sanchez Martinez Real Madrid lebih banyak diuntungkan ketimbang Barcelona.

Meski demikian, jelang laga panas nanti kita perlu mengangkat topi untuk Sanchez Martinez. Beredar informasi jika jelang laga nanti, ia dan keluarganya mendapat terror dari para suporter kedua pihak.  

"Saya mendapat perlindungan (polisi) saat berada di rumah. Anak saya pulang cepat dari sekolah karena ada temannya yang bilang bahwa ayahnya adalah perampok." ungkapnya seperti dikutip dari AS.

© INDOSPORT
Sanchez Martinez memimpin laga El Clasico. Copyright: INDOSPORTSanchez Martinez memimpin laga El Clasico.

Hal yang sama juga pernah dirasakan mantan hakim garis La Liga, Rafa Guerrero, dalam wawancaranya dengan Bleacher Report beberapa waktu lalu. Menurutnya, di balik kemeriahan El Clasico, tensi pertandingan, dan harapan menang dari kedua kubu, wasit dan staf pertandingan selalu mendapat tekanan luar biasa.

73